Jakarta (ANTARA) - Rafael Nadal mengundurkan diri dari Laver Cup yang akan digelar 20-22 September di Berlin, seperti diumumkan penyelenggara turnamen lewat sebuah cuitan yang diunggah Kamis (12/9) malam.

"Saya sangat kecewa untuk berbagi bahwa saya tidak akan dapat berkompetisi di Laver Cup di Berlin minggu depan," kata Nadal.

"Ini adalah kompetisi tim dan untuk benar-benar mendukung tim Eropa, saya perlu melakukan yang terbaik untuk mereka dan saat ini ada pemain lain yang dapat membantu tim meraih kemenangan."

Laver Cup mempertandingkan tim Eropa melawan tim Dunia. Bjorn Borg dan John McEnroe akan menjadi kapten kedua tim yang beranggotakan enam petenis, seperti yang telah mereka lakukan di enam edisi sebelumnya.

"Saya memiliki begitu banyak kenangan yang hebat dan emosional dari bermain di Laver Cup dan saya benar-benar menantikan untuk bergabung bersama rekan satu tim dan dengan Bjorn di tahun terakhirnya sebagai kapten," ujar Nadal.

"Saya berharap yang terbaik untuk tim Eropa dan akan menyemangati mereka dari jauh."

Baca juga: Sinner raih gelar US Open untuk kemenangan Grand Slam kedua

Menurut catatan ATP, Nadal menjalani pertandingan dengan catatan menang kalah 12-7 pada musim ini, dan terakhir berkompetisi di Olimpiade Paris di mana ia kalah di babak kedua dari Novak Djokovic.

Nadal absen hampir sepanjang musim 2023 karena cedera pinggul dan hanya ambil bagian dalam satu dari tujuh Grand Slam terakhir, tersingkir di babak pertama French Open tahun ini.

"Pemain pengganti untuk tim Eropa akan segera diumumkan," tulis penyelenggara.

Baca juga: Sabalenka juara US Open
Baca juga: Nadal mundur dari US Open

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024