Deli Serdang (ANTARA) - Pelatih taekwondo Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Lia Karina Mansur mengatakan medali emas yang didapatkan di kelas -58 kilogram putra pada Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumatera Utara 2024 merupakan medali di luar target yang ditetapkan.

"Alhamdulillah luar biasa sekali, dari awalnya kita mematok target perak," kata Lia di Deli Serdang, Jumat.

Lia menyampaikan bahwa meskipun pada awalnya hanya menargetkan medali perak, namun dirinya meyakini Gigi Adhiyodha yang tampil perdana di PON XXI mampu meraih medali emas.

Alhasil, dari pertandingan babak final melawan Bagus Aditya Pratama atlet taekwondo asal Aceh, yang berlangsung di Martial Arts Arena, Kompleks Sumut Sport Center, Deli Serdang, Sumatera Utara, Kamis (12/9), Gigi Adhiyodha berhasil keluar sebagai juara.

"Tapi target pribadi memang saya yakin sekali Yodha itu bisa emas, kebetulan Yodha anak didik saya sendiri dari kecil," ujarnya.

Lia mengungkapkan membutuhkan waktu yang tidak singkat untuk mempersiapkan Yodha tampil di kejuaraan multicabang olahraga nasional empat tahunan tersebut. 

"Luar biasa progresnya dari kita persiapan dua tahunan persiapan Babak Kualifikasi PON, kemudian kita terakhir juga uji coba ke Thailand selama satu minggu, sebulan yang lalu ke Thailand," katanya.

Baca juga: Taekwondo - Adhiyodha mampu sabet emas meski pertama tampil PON XXI

Uji coba ke Thailand tersebut dimaksudkan untuk menguji ketangkasan dan mental Gigi Adhiyodha.

"Alhamdulillah usaha kita untuk memaksimalkan potensi anak-anak hari ini berbuah manis, luar biasa," ucap Lia yang juga merupakan atlet taekwondo peraih medali emas PON Jawa Barat 2016 dan medali perak di SEA Games XXVI kelas 57 kilogram.

Lebih lanjut, Lia mengungkapkan bahwa Gigi Adhiyodha akan dipersiapkan untuk bertanding di kejuaraan level internasional.

"Nanti Yodha bulan depan, bulan depan ada kejuaraan di Tangerang. Kejuaraan taekwondo event WT (World Taekwondo), itu ada poin untuk dunia juga. Jadi, saya coba turunkan untuk yang internasional," kata Lia.

Baca juga: Ni Kadek Heni peraih emas Asia Taekwondo libas semua lawan PON XXI
Baca juga: Aqila Aulia pertahankan emas mulai PON Papua hingga PON 2024


Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024