Shenzhen, Tiongkok, (ANTARA/PRNewswire)- 25th China International Optoelectronic Exposition (CIOE 2024) mulai berlangsung hari ini, diawali sesi pembukaan yang meriah di Shenzhen World Convention and Exhibition Center. Sebagai ajang unggulan di rantai industri optoelektronika, CIOE telah menjadi saksi perkembangan pesat teknologi optoelektronika selama 25 tahun terakhir. Dirintis sebagai pameran industri berskala kecil hingga kini menjadi ajang internasional yang menempati lahan pameran seluas 240.000 meter persegi, skala dan pengaruh CIOE telah meningkat pesat. CIOE juga telah menjadi ajang terkemuka di dunia yang meliputi seluruh rantai industri. Di sisi lain, CIOE berupaya membangun platform holistis yang memfasilitasi inovasi teknologi, wacana ilmiah, pengembangan pasar, serta kolaborasi global. 

Memasuki tahun penyelenggaraan ke-25, CIOE telah menampilkan lebih dari 3.700 ekshibitor bermutu tinggi yang berasal dari sekitar 30 negara dan wilayah. Para ekshibitor ini mewakili seluruh spektrum rantai industri optoelektronika--mulai dari cip dan perangkat hingga solusi sistem lengkap dan alat-alat produksi. Para peserta ajang ini bisa mengeksplorasi teknologi terkini dalam komunikasi optik, optik, laser, infra merah, sensor, dan layar. Berbagai paviliun pameran internasional juga dipersembahkan sejumlah negara, seperti Amerika Serikat, Kanada, Jepang, Korea Selatan, Jerman, Denmark, dan Swiss. Lewat paviliun internasional ini, negara-negara tersebut menampilkan berbagai pencapaian dan produk inovatif sehingga mempromosikan pertukaran teknis dan kerja sama internasional.

Segera dihadiri sekitar 120.000 praktisi profesional dari sektor manufaktur canggih, alat elektronik, semikonduktor, medis, dan keamanan, CIOE 2024 menjadi platform yang memfasilitasi jejaring, mengulas tren industri, serta mengeksplorasi kemajuan teknologi. Komunikasi lintasindustri pun menopang inovasi dan pertumbuhan di sektor fotonik.

Sebagai platform penting yang menampilkan berbagai terobosan ilmiah, serta mendukung kemitraan antara industri dan dunia akademik, CIOE 2024 mempersembahkan berbagai inovasi optoelektronika dari lembaga riset, universitas, serta perusahaan teknologi mutakhir. CIOE 2024 juga mendukung pengembangan produk baru, serta mempertemukan kalangan perusahaan dengan investor agar kesepakatan bisnis dan kemitraan global tercapai. CIOE 2024 - University Technology Achievement Display Zone menghubungkan riset akademik dengan permintaan industri, mempercepat aplikasi temuan ilmiah. Sementara, the Optoelectronic Talent Recruitment Zone mewadahi berbagai perusahaan yang ingin merekrut tenaga profesional, memperluas basis SDM, serta mengatasi kesenjangan antara riset dan kebutuhan di pasar tenaga kerja.

CIOE 2024 mengemukakan peran penting teknologi optoelektronika dalam mendorong inovasi di berbagai sektor. Menurut Yang Xiancheng, Pendiri dan Executive Chairman, CIOE, "Perkembangan pesat di industri teknologi mutakhir bergantung pada integrasi antara teknologi di sektor hulu dan inovasi produk di sektor hilir. Teknologi optoelektronika menyediakan dukungan penting, mewujudkan berbagai potensi baru dalam pengembangan produk dari berbagai sisi, seperti material, cip, sensor, dan modul." Menurutnya, teknologi baru seperti fotonik dan komputasi kuantum sangat berperan dalam komersialisasi kemajuan teknologi tersebut.

"Manufaktur Pintar dengan Fotonik" merupakan teknologi terdepan yang mendorong perkembangan motor produktif baru dengan daya saing dan aplikasinya yang beraneka ragam. Di CIOE 2024, produk-produk penting yang dipamerkan antara lain optical processing and coating equipment, peralatan kamera AA, peralatan laser, peralatan semikonduktor, otomatisasi industri, serta alat pengetesan. Inovasi tersebut meningkatkan efisiensi produksi dan stabilitas kualitas untuk produk-produk inti, seperti cip optoelektronika dan lensa optik, sekaligus memperluas aplikasi hingga merambah manufaktur pintar, alat elektronik, kendaraan energi baru, serta semikonduktor.

Selain pameran, CIOE menjadi pusat inovasi optoelektronika dunia. CIOE 2024 juga menggelar lebih dari 80 forum, serta mempertemukan pakar terkemuka, akademisi, dan pemimpin industri untuk membahas perkembangan terkini, tren industri, serta peluang pasar di sektor optoelektronika. Lewat diskusi mendalam, forum-forum ini menyajikan arah baru dalam inovasi dan perkembangan optoelektronika sehingga meningkatkan daya tarik sektor tersebut. Ajang ini segera mewujudkan perkembangan penting di industri fotonik lewat pertumbuhan berkelanjutan.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2024