kami sudah melakukan audiensi ke seluruh jajaran
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Pusat memastikan seluruh jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) dari tingkat atas hingga bawah netral dalam menghadapi Pilkada 2024.

"Selaku Aparatur Sipil Negara (ASN) kami akan mendeklarasikan netralitas pada Senin (23/9). Terkait hal itu kami sudah melakukan audiensi ke seluruh jajaran," kata Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma di Jakarta, Jumat.

Baca juga: Sekda DKI ingatkan ASN harus jaga netralitas jelang dan saat Pilkada
 
Deklarasi tersebut digelar bersamaan dengan apel pagi pada pukul 07.45 WIB yang dihadiri seluruh ASN di tingkat kecamatan dan kelurahan.
 
Dhany menyebut setelah deklarasi pada esok harinya dilanjutkan dengan sosialisasi kepada seluruh ASN terkait konsekuensi jika melanggar aturan netralitas.

Baca juga: Bawaslu DKI tunggu KPU terkait penetapan sanksi kampanye Pilkada
 
"Ini dua agenda yang diutamakan terkait dengan deklarasi netralitas ASN dan juga kita adakan sosialisasi kepada para ASN terkait dengan konsekuensi tentang pelanggaran netralitas ASN itu sendiri," ujar Dhany.
Pekerja menyelesaikan produksi kaos untuk kebutuhan Pilkada DKI Jakarta di konveksi planet production di Bandung, Jawa Barat, Selasa (10/9/2024). Ikatan Pengusaha Konveksi Bandung (IPKB) mencatat, pada momentum Pilkada 2024 permintaan kaos untuk kebutuhan Pilkada meningkat sebanyak 60 persen dari berbagai wilayah seperti DKI Jakarta, Jawa Tengah dan Jawa Barat. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/agr
Sebelum berlangsungnya deklarasi dan sosialisasi, Pemkot Jakarta Pusat juga akan melakukan konsolidasi bersama pemangku kepentingan (stakeholders) lintas sektor, terutama jajaran Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU).
 
Lalu konsolidasi juga mengundang semua jajaran kecamatan dan kelurahan, serta Forum Koordinasi Pimpinan Kota (Forkompimko) untuk melakukan evaluasi dan mendiskusikan terkait mitigasi risiko yang  pada Pilpres dan Pileg 2024.

Baca juga: PSG prediksi Pilkada Jakarta dua putaran
 
"Mudah-mudahan penyelenggaraan Pilkada ini juga berjalan aman, kondusif, dan terpilih pemimpin yang diterima oleh masyarakat," ucap Dhany.
 
Sebelumnya, Pemerintah Kota Jakarta Pusat dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jakarta Pusat melakukan audiensi membahas persiapan untuk menyukseskan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 pada Kamis (12/9).
 
Dalam audiensi tersebut Dhany bersama Ketua Bawaslu Kota Administrasi Jakarta Pusat, Christian Nelson Pangkey membahas terkait deklarasi netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Jakarta Pusat dan konsolidasi terhadap stakeholders.
 
Selain itu, pembahasan juga merujuk pada sosialisasi kepada anak sekolah yang sudah berusia 17 tahun sebagai pemilih pemula, memastikan pemilih sudah terdaftar, perekrutan pengawas di Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan hal-hal terkait kampanye seperti Alat Peraga Kampanye (APK).

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024