Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa politik kemarin, Kamis (12/9), telah kami rangkum agar dapat dibaca kembali oleh Anda, mulai dari arahan Presiden Joko Widodo kepada pejabat TNI dan Polri hingga tanggapan Partai Gerindra terhadap daftar menteri Pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka yang beredar di masyarakat.

1. Presiden beri arahan kepada pejabat TNI dan Polri di Istana IKN

Presiden Joko Widodo memberikan arahan kepada para pejabat TNI dan Polri di Istana Negara, Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Kamis (12/9).

"Hari ini, kami TNI Polri dikumpulkan Presiden, mungkin ada ucapan-ucapan terima kasih dari beliau dan juga harapan-harapan beliau mungkin nanti ke depannya," kata Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Maruli Simanjuntak di Istana Negara, IKN, Kamis (12/9).

Selengkapnya baca di sini.

2. Jokowi minta TNI/Polri dukung transisi pemerintahan Prabowo agar mulus

Presiden RI Joko Widodo meminta aparat TNI/Polri untuk mendukung transisi pemerintahan Prabowo Subianto dan menjaga stabilitas negara agar proses transisi tersebut berjalan mulus.

"Saya minta TNI dan Polri harus menjaga betul stabilitas, mendukung penuh transisi pemerintahan, agar mulus. Pemerintahan yang saya pimpin akan dilanjutkan oleh pemerintahan baru yang dipimpin oleh Bapak Jenderal TNI Purnawirawan Prabowo Subianto," kata Presiden Jokowi dalam Pengarahan kepada pejabat TNI dan Polri di Istana Negara IKN, seperti disaksikan dalam akun YouTube Sekretariat Presiden di Jakarta, Kamis (12/9).

Selengkapnya baca di sini.

3. Jokowi soal jadi Wantimpres usai purnatugas: Saya mau pulang ke Solo

Presiden RI Joko Widodo menjawab soal peluangnya menjadi bagian dari Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) pada masa pemerintahan Prabowo Subianto.

Jokowi menegaskan bahwa dirinya usai purnatugas akan kembali ke kampung halaman di Solo.

Selengkapnya baca di sini.

4. Gerindra: Daftar menteri yang beredar bukan dari sumber resmi

Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco memastikan bahwa daftar komposisi menteri pada kabinet Pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka yang beredar belum tetap, dan bukan dari sumber resmi pihaknya.

"Spekulasi aspirasi yang ada di tengah masyarakat mengenai daftar-daftar yang beredar itu saya pastikan belum fixed, bukan dikeluarkan dari sumber yang resmi," kata Dasco di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (12/9).

Selengkapnya baca di sini.

5. Jokowi minta TNI/Polri perbaiki citra agar semakin dipercaya rakyat

Presiden Joko Widodo meminta jajaran TNI dan Polri terus memiliki semangat untuk memperbaiki citra masing-masing agar semakin dicintai dan dipercaya oleh masyarakat.

"Semangat untuk memperbaiki citra diri, semangat untuk memperbaiki citra institusi agar TNI dan Polri semakin dicintai dan dipercaya oleh rakyat. Meskipun sekarang ini memang (hasil survei) rankingnya sudah tinggi, tetapi kalau kita perbaiki terus itu akan bisa naik lagi," kata Presiden Jokowi saat memberikan arahan kepada para pejabat TNI dan Polri di Istana Negara, Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Kamis (12/9).

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Rio Feisal
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2024