"Kami sudah berkoordinasi dengan BMKG. Potensi megathrust ini merupakan bagian tak terpisahkan dari Indonesia,"
Jakarta (ANTARA) - Berikut rangkuman berita humaniora populer di Indonesia kemarin (Kamis, 12/9), mulai dari Flora endemik langka terancam punah Dehaasia ditemukan di Jawa Timur hingga, BRIN perkenalkan desain peta risiko bencana digital Indonesia ke negara Asia-Eropa.

 

1) Flora endemik langka terancam punah Dehaasia ditemukan di Jawa Timur

Flora atau tumbuhan endemik langka dan terancam punah Dehaasia pugerensis yang konon di bumi hanya terdapat di wilayah Kabupaten Jember, Jawa Timur dan tersisa 191 individu dewasa, ditemukan di kawasan Taman Nasional Meru Betiri (TNMB).

Penemuan tersebut berawal dari kegiatan pelatihan yang dilakukan oleh Yayasan Save Indonesian Nature & Threatened Species (SINTAS) Indonesia dan Pusat Riset Ekologi dan Etnologi di Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) kerja sama dengan pengelola Taman Nasional (TN) Meru Betiri.

Simak selengkapnya di sini:

 

2) Republik Fiji belajar penanganan kebencanaan di NTT

Penjabat Gubernur NTT Andriko Noto Susanto berharap Pemerintah Fiji dapat memperoleh pengetahuan yang bermanfaat untuk pencegahan dan penanggulangan bencana selama beberapa hari berada di Kota Kupang.

Kepada Menteri Pengembangan Desa, Maritim dan Penanggulangan Bencana Republik Fiji dijelaskan program desa tangguh bencana, program Satuan Pendidikan Aman Bencana dan melaksanakan penguatan manajemen pengetahuan kebencanaan.
sebagai upaya Provinsi NTT untuk menurunkan Indeks Resiko Bencana Indonesia (IRBI) yang terus menurun dalam delapan tahun terakhir.

Simak selengkapnya di sini:

 

3) Rajawali Nusindo dan PELNI kirim 219 ribu paket telur dan daging ke NTT

Guna menyusutkan angka stunting di Indonesia, ID FOOD melalui anak usahanya PT Rajawali Nusindo menjalin kolaborasi dengan PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) mengirimkan 219 ribu paket telur dan daging ayam ke Naikolan, Maulafa, Kupang, NTT.

Sekretaris Korporasi Rajawali Nusindo Sofyan Effendi mengatakan bahwa dengan menggandeng PELNI sebagai salah satu transporter terbesar memiliki keunggulan dari efisiensi waktu dan muatan yang lebih besar. .

Simak selengkapnya di sini:


4) Menparekraf minta wisata pesisir waspadai ancaman gempa megathrust

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno meminta kewaspadaan dan kehati-hatian terus ditingkatkan pada objek wisata di kawasan pesisir di tengah ancaman terjadinya gempa megathrust.

"Kami sudah berkoordinasi dengan BMKG. Potensi megathrust ini merupakan bagian tak terpisahkan dari Indonesia," kata Sandiaga.

Simak selengkapnya di sini:

 

5) BRIN kenalkan desain peta risiko bencana longsor ke negara Asia-Eropa

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mengenalkan desain peta risiko bencana tanah longsor Indonesia yang berbasis digital kepada perwakilan negara-negara Asia dan Eropa.

Periset Pusat Riset Kebencanaan Geologi BRIN, Nuraini Rahma Hanifa mengatakan peta tersebut dibuat dengan mengkombinasikan antara hasil perekaman lapangan wilayah Indonesia yang berisiko tanah longsor dengan teknologi kecerdasan buatan geospasial (Geospasial Artificial Intelligence/Geo-AI).

Peta risiko bencana tanah longsor ini akan disajikan seolah-olah nyata atau virtual reality melalui perangkat elektronik sehingga mudah dimengerti masyarakat.

Simak selengkapnya di sini:

Pewarta: M. Riezko Bima Elko Prasetyo
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024