"Untuk memperkuat ekosistem ekonomi kreatif, apalagi Semarang sudah memilih mode sebagai subsektor unggulan,"
Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita ekonomi kemarin (12/9) yang menarik minat pembaca masih layak disimak untuk hari ini Jumat. Seperti pendaratan perdana jet di IKN, pemanfaatan biodiesel B50, pembentukan kota kreatif mode, ekspansi pabrik Shokubai di Cilegon, serta proyek petrokimia.
 
 
Berikut rangkuman beritanya:

 
 
Pendaratan perdana pesawat jet berpenumpang di Bandara IKN berhasil

 
 
Pendaratan perdana pesawat jet berpenumpang di Bandara IKN, Kalimantan Timur, Kamis, berlangsung mulus dan selamat, kata Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi.

 
 
Pesawat jet berjenis Cessna Citation Longitude milik Balai Besar Kalibrasi Fasilitas Penerbangan Kementerian Perhubungan tersebut membawa Menhub Budi Karya dan Wakil Menteri ATR/BPN Raja Juli Antoni, bersama rombongan.

 
 
 
 
Wamentan: B50 menjadi "bargaining" Indonesia kepada dunia

 
 
Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Sudaryono mengungkapkan biodiesel B50 menjadi bargaining Indonesia kepada dunia.

 
 
"Barangkali dari semua komoditi perkebunan ini yang paling siap adalah sawit. Sawit ini tinggal kita dorong, bagaimana sawit supaya bisa masuk ke banyak pasar peningkatan ekspor kita, kemudian dikonversi menjadi B50 sebagai bagian dari bargaining kita kepada dunia," ujar Sudaryono dalam acara Perkebunan Indonesia Expo (BUNEX) 2024 di Pagedangan, Kabupaten Tangerang, Banten pada Kamis.

 
 
 
 
Menparekraf dorong Semarang menjadi kota kreatif mode

 
 
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mendorong Kota Semarang untuk menjadi kota kreatif dengan mode sebagai unggulan melalui UNESCO Creative Cities Network.

 
 
"Untuk memperkuat ekosistem ekonomi kreatif, apalagi Semarang sudah memilih mode sebagai subsektor unggulan," kata Sandiaga saat Workshop Peningkatan Inovasi dan Kewirausahaan Kota Kreatif (KaTa Kreatif) Indonesia, di Semarang, Jawa Tengah (Jateng), Kamis.

 
 
 
 
BKPM: Nippon Shokubai ekpansi pabrik di Cilegon senilai Rp1,69 triliun

 
 
Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Rosan Roeslani mengatakan PT Nippon Shokubai Indonesia kembali berinvestasi di Indonesia senilai Rp1,69 triliun untuk mengembangkan industri petrokimia tanah air.

 
 
Rosan, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu, mengatakan PT Nippon Shokubai Indonesia akan melakukan perluasan pabrik dengan memulai konstruksi fase keempat di Cilegon pada 2025. Diharapkan fasilitas ini bisa beroperasi pada 2027.

 
 
 
 
BKPM: Proyek petrokimia senilai Rp59 triliun siap produksi Maret 2025

 
 
Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Rosan Roeslani menyebut proyek petrokimia senilai Rp59,37 triliun milik PT Lotte Chemical Indonesia (PT LCI) siap beroperasi pada Maret 2025.

 
 
Rosan mengatakan bahwa pembangunan pabrik petrokimia ini sudah hampir selesai atau kurang lebih 98,7 persen.

 
 

Pewarta: Ahmad Muzdaffar Fauzan
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024