Nggak menyangka (bisa menang dengan selisih skor cukup jauh, 15-8) karena sebelumnya pernah ketemu Ghea juga 14-15 dan sekarang bisa unggul,
Banda Aceh (ANTARA) - Kontingen Provinsi DKI Jakarta mencatatkan medali emas pertamanya pada Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumut 2024 lewat cabang olahraga anggar nomor degen perorangan putri yang berlangsung di GOR Anggar Komplek Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Kamis.
 

Medali emas itu disumbang oleh atlet Aditya Rizki Pramudita setelah bertanding melawan Khatrin Ghea Endrawati yang berasal dari Jawa Barat.

Pertandingan itu membukukan skor akhir 15-8. Bagi perempuan yang akrab disapa Tya itu, ini merupakan medali emas pertamanya dalam ajang PON.

“Pertama kali saya dapat emas di PON. Terima kasih buat teman-teman dan ofisial, terutama orang tua saya yang sudah mendukung,” kata Tya saat dijumpai usai pertandingan.

Tya dan Ghea pada awalnya mencatatkan skor seri, yakni 3-3 pada pertandingan final di babak pertama.

Pada babak selanjutnya, Ghea mencoba untuk mengejar ketertinggalan dengan catatan skor 5 sementara Tya masih memimpin dengan skor 7. Pada babak akhir, Tya tetap unggul hingga skor akhir 15-8.

Dengan emas pertama yang didapatkan DKI Jakarta pada PON XXI di hari kedua pertandingan anggar, Tya berharap capaian ini dapat menjadi motivasi bagi teman-temannya yang akan bertanding pada nomor lain.

“Nggak menyangka (bisa menang dengan selisih skor cukup jauh, 15-8) karena sebelumnya pernah ketemu Ghea juga 14-15 dan sekarang bisa unggul lebih tinggi. Sangat lega dan senang,” kata dia.

Selain Tya dan Ghea, ada pula atlet anggar Nisa Afrawasih asal Riau dan Kusuma Jasmine Supraba asal Jawa Tengah yang membawa pulang medali perunggu bersama untuk nomor degen perorangan.

Pada Kamis di tempat yang sama juga berlangsung pertandingan untuk nomor floret perorangan putra. Nomor ini dimenangkan oleh atlet anggar Riau Muhammad Fatah Prassetyo.

Cabor anggar pada PON XXI mempertandingkan 12 nomor untuk putra dan putri. Nomor untuk kategori putra antara lain sabel perorangan, floret perorangan, degen perorangan, sabel beregu, floret beregu, dan degen beregu.

Begitu pula nomor untuk kategori putri antara lain sabel perorangan, floret perorangan, degen perorangan, sabel beregu, floret beregu, dan degen beregu.

Cabor anggar ini diikuti oleh 26 kontingen provinsi. Pertandingan cabor ini berlangsung pada 11-16 September 2024.

Pada Jumat (13/9), nomor degen perorangan putra dan sabel perorangan putri akan dilombakan. Selanjutnya, nomor beregu akan dimulai pada Sabtu (14/9), yang diawali dengan floret beregu putri dan sabel beregu putra.

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Abdul Hakim Muhiddin
Copyright © ANTARA 2024