Jakarta (ANTARA) - Sebanyak lima atlet golf yang berpartisipasi dalam Pesta Olahraga Negara-Negara Asia Tenggara (SEA Games) 2023 di Kamboja kembali berlaga dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara 2024.

Ketua Panitia Pelaksana Cabang Olahraga Golf pada PON XXI Aceh-Sumatera Utara 2024 Ichsan Hakim Batubara mengungkapkan kelima atlet tersebut bertanding melawan 79 pegolf lainnya mewakili masing-masing daerah.

"Dari 84 golfer, ikut ambil bagian lima pegolf SEA Games Tahun 2023 di Kamboja. Mereka mewakili masing-masing daerah," ujar Ichsan saat ditemui di Royal Sumatera Golf Course, Medan, Sumatera Utara, Kamis.

Dia menyebutkan kelima atlet dimaksud, yakni Rayhan Abdul Latief (Sumatera Utara), Amadeus Christian Susanto (Jawa Tengah), Randy Arbenata Bintang (Jawa Barat), Kristina Natalia Yoko (DKI Jakarta), dan Rayi Geulis Zullandari (Jawa Barat).

Adapun pertandingan golf dalam PON 2024 dilaksanakan sejak 12-18 September 2024. Pada hari pertama, nomor pertandingan yang digelar, yakni nomor perorangan putra dan perorangan putri.

Pada nomor perorangan putra, Rayhan dan Randy berada di peringkat T7 klasemen sementara ronde pertama dengan catatan masing-masing 74 pukulan atau dua over (di atas) par (pukulan maksimal yang harus dipenuhi dalam satu ronde).

Kemudian, Amadeus berada di peringkat T12 dengan 75 pukulan atau tiga over par. Dalam pertandingan kali ini, jumlah par yang ditetapkan sebanyak 72 pukulan.

Untuk pertandingan nomor perorangan putri, Kristina berada di peringkat pertama dengan catatan 72 pukulan atau par, sedangkan Rayi berada di peringkat T12 dengan 79 pukulan atau tujuh over par.

Sementara itu, Ketua Bidang Pertandingan Panitia Pelaksana Cabang Olahraga Golf pada PON XXI Aceh-Sumatera Utara 2024 Nino Nasution mengungkapkan para atlet golf peserta PON XXI 2024 merupakan atlet pilihan dari setiap provinsi.

"Memang mereka ini yang top, terutama yang dari DKI, Sumatera Utara, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Jawa Tengah. Kallau Untuk turnamen internasional saya rasa memang udah rutin mereka ikut," ucap Nino dalam kesempatan terpisah.

Maka dari itu dari total 84 golf yang berpartisipasi, ia menuturkan hampir semua atlet pernah mengikuti turnamen internasional membawa nama Indonesia.

Pertandingan golf PON XXI 2024 dengan nomor perorangan putra dan perorangan putri akan digelar selama tiga hari, yakni dari tanggal 12-14 September 2024.

Selain kedua nomor pertandingan tersebut, terdapat pertandingan enam nomor lainnya yang digelar dalam perlombaan golf pada PON kali ini, yaitu perorangan putri, beregu putra, beregu putri, foursome (berempat) putra, foursome putri, dan campuran (mix) foursome.

Pertandingan nomor beregu putra dan beregu putri akan digelar pada 15-16 September 2024, sedangkan pertandingan nomor foursome putra, foursome putri, dan mix foursome akan digelar pada 17-18 September 2024.

Dari tujuh nomor pertandingan tersebut, para atlet golf yang berasal dari 23 provinsi itu akan memperebutkan masing-masing tujuh medali emas, perak, dan perunggu.

Baca juga: Elaine Widjaja mundur dari pertandingan golf

Baca juga: Golf - Jakarta pimpin klasemen sementara nomor perorangan putri

Baca juga: Golf - Jakarta-Sumut unggul klasemen sementara nomor perorangan putra

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024