Banda Aceh (ANTARA) - Riau kembali meraih medali emas anggar melalui Muhammad Fatah Prassetyo yang berlaga pada nomor floret perorangan putra pada PON XXI Aceh-Sumut 2024 di GOR Anggar Komplek Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Kamis.

Medali emas tersebut melengkapi raihan medali emas Ayu Fani dari nomor floret perorangan putri yang diraih pada Rabu (11/9).

Dalam partai final floret perorangan putra, Fatah berhadapan dengan Yudi Anggara Putra asal Aceh. Pada babak pertama, Fatah unggul dengan skor 10-4 hingga akhirnya mencatatkan skor akhir 15-6.

“Ini medali emas pertama saya setelah tiga kali ikut PON. Ini pertama kalinya saya mendapatkan emas,” kata Fatah usai pertandingan.

Namun di sisi lain, Fatah mengatakan dirinya ikut prihatin karena lawannya mengalami cedera pada bagian kaki. Sejak awal pertandingan, Yudi telah menunjukkan performa yang tidak maksimal. Beberapa kali ia juga meminta waktu kepada wasit untuk istirahat.

Yudi pada PON XX meraih medali emas pada nomor floret beregu putra serta perunggu pada nomor floret perorangan putra.

“Semoga di event selanjutnya dia jangan sampai cedera lagi,” tutur Fatah.

Pada PON XX, Riau keluar sebagai juara umum pada cabang olahraga anggar dengan mengumpulkan lima medali emas.

Fatah mengaku, merasa cukup terbebani dengan tolok ukur tersebut. Meski begitu, dia tetap berharap Riau bisa membawa pulang lima medali emas dari cabang olahraga ini.

“Sebenarnya cukup membebani. Tetapi saya percayakan pada Tuhan, mudah-mudahan bisa mencapai minimal lima emas seperti di PON Papua,” kata dia.

Baca juga: Jabar dan Kaltim lolos ke semifinal anggar nomor degen individu putri

Sebelumnya pada Rabu (11/9) atau hari pertama pertandingan anggar, Aceh meraih medali emas untuk sabel perorangan putra melalui atlet Indra Agus Setiawan.

Pada Kamis di tempat yang sama juga berlangsung pertandingan untuk nomor degen perorangan putri.

Cabang olahraga anggar pada PON XXI mempertandingkan 12 nomor untuk putra dan putri. Nomor untuk kategori putra antara lain sabel perorangan, floret perorangan, degen perorangan, sabel beregu, floret beregu, dan degen beregu.

Begitu pula nomor untuk kategori putri antara lain sabel perorangan, floret perorangan, degen perorangan, sabel beregu, floret beregu, dan degen beregu.

Pada Jumat (13/9), nomor degen perorangan putra dan sabel perorangan putri akan dilombakan. Selanjutnya, nomor beregu akan dimulai pada Sabtu (14/9) yang diawali dengan floret beregu putri dan sabel beregu putra.

Baca juga: Anggar - Empat provinsi ini lolos ke semifinal floret individu putra
Baca juga: Anggar - Riau cetak emas lewat floret individu putri pada PON XXI


Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024