Deli Serdang, Sumatera Utara (ANTARA) - DKI Jakarta tampil gemilang pada hari pertama pertandingan cabang olahraga wushu Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumut 2024 dengan mengoleksi dua emas, dua perak, dan dua perunggu.

Dalam pertandingan yang digelar di GOR Disporasu, Deli Serdang, Sumatera Utara, Kamis, Edgar Xavier Marvelo dan Eugenia Diva Widodo berhasil mengawinkan medali emas nomor taolu changquan putra dan putri.

Di sisi lain, Salwaa Dhana Azalia meraih perak di nomor taijiquan putri, begitu pula dengan Alinskha Hanamaira yang membawa pulang perak di nomor nanquan putri.

Untuk medali perunggu, Andrea Simon di nomor changquan putri dan Agni Agustine Dimonim dari nomor nanquan putri juga ikut menyumbang medali bagi DKI Jakarta.

Sumatera Utara juga menunjukkan taringnya sebagai tuan rumah dengan meraih dua medali emas melalui atlet-atlet andalannya.

Harris Horatius berhasil mengamankan emas di nomor nanquan putra, sementara Nicholas tampil solid di nomor taijiquan putra dengan meraih nilai tertinggi.

Sedangkan kontingen Jawa Timur berhasil mendulang tujuh medali di hari pertama, terdiri dari satu emas, empat perak, dan dua perunggu.

Alisya Mellynar membawa pulang emas perdana untuk Jawa Timur melalui nomor taijiquan putri.

Baca juga: Jawa Barat pecah telur usai Tasya Ayu raih emas wushu nanquan putri

Untuk medali perak disumbang oleh Muhammad Daffa Golden Boy di nomor changquan putra, Jennifer Tjahyadi di nomor changquan putri, Rainer Reinaldy Ferdiansyah di nomor taijiquan putra, dan Nicholaus Karanka Adinugroho di nomor nanquan putra.

Adapun dua perunggu diperoleh melalui Seraf Naro Siregar di nomor changquan putra dan Akbar Dwi Affandi di nomor nanquan putra.

Jawa Barat berhasil mencuri satu medali emas melalui Tasya Ayu Puspa Dewi dari nomor nanquan putri.

Sementara itu, Yogyakarta mengamankan satu medali perunggu lewat Juan Hendy Irmanto di nomor taijiquan putra. Jawa Tengah juga membawa pulang satu medali perunggu melalui Alexandra Calista Setiawan di nomor taijiquan putri.

Cabang olahraga wushu PON XXI Aceh-Sumut digelar pada 12 hingga 15 September. Sebanyak 29 medali emas, 29 medali perak, dan 40 perunggu diperebutkan dari 29 nomor yang dipertandingkan.

Baca juga: Harris Horatius tampil solid sabet emas wushu nomor nanquan putra
Baca juga: Wushu - Alisya Mellynar tahan sakit saat kunci emas taijiquan putri

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024