Medan (ANTARA) - Sulawesi Selatan meraih medali emas dalam persaingan nomor team free routine renang artistik Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh-Sumatera Utara di Kolam Renang Selayang, Medan, Sumatera Utara, Kamis.

Sulawesi Selatan mendapatkan nilai tertinggi 70,16 dalam lomba yang diikuti empat kontingen tersebut. Sulsel menurunkan delapan atlet terbaiknya dalam pesta olahraga empat tahunan tersebut.

Mereka adalah Amanda Mutiara, Auliya Mustika Putri, Khanza Fathiyyah, Mutiara Nur Azisah, Nawrah Qanita, Nurfa Nurul, Rani Asriani Rahman, dan Rasya Annisa Rahman.

Mereka kompak menampilkan gerakan-gerakan indah, memukau para penonton dan juri yang bertugas.

Dari penilaian eksekusi, Sulsel mendapat nilai 20,40. Kemudian untuk artistic impression, Mutiara dan kawan-kawan mendapat nilai tertinggi 28,66. Terakhir untuk tingkat kesulitan mengantongi nilai 21,10. Hasil ini mengantarkan mereka ke podium tertinggi.

Bagi Sulawesi Selatan, pencapaian ini meningkat dibandingkan dengan PON 2021 Papua. Kala itu, Sulsel pulang dengan medali perak. Sementara pemenangnya adalah DKI Jakarta.

Adapun pada PON 2024, Sulawesi Selatan mengalahkan DKI Jakarta yang harus puas dengan perak usai mendapatkan nilai 69,16. Mereka turun dengan komposisi Chelsea Princessa, Danita Elfarianti, Gabrielle Permata, Hilda Tri Julyandra, Maya Anggun Beer, Nadia Tasya Hapsari, Nayla Adiva Nurrisqa, dan Thalita Amabele.

Pada persaingan nomor beregu renang artistik medali perunggu tidak diperebutkan karena jumlah peserta hanya empat.

Jawa Barat berada di posisi ketiga dengan mendapat nilai 68,03. Bumi Pasundan menurunkan komposisi atlet Alliya Rahmani, Dinda Cahya Rembulan, Elizabeth Sekar, Gregoria Sharleen, Julyana Maggie Wong, Maharani Sekar, Petra Septaria, dan Sheva Steffani Kwan.

Adapun D.I Yogyakarta berada di peringkat keempat dengan nilai 62,40. Atlet yang turun yakni Arimbi Prameswari, Aulia Nashwa, Bernadeth Devika, Felinda Sukma Putri, Kayralluvia Anugrah, Lidya Putri Hartini, Sekar Anggita, dan Threea Nabila.

Baca juga: Renang indah - Naruto antarkan Gabrielle dan Hilda raih emas PON 2024

Baca juga: Hilda sumbang emas untuk Jakarta dari renang artistik solo


Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024