Medan (ANTARA) - Tim Sumatera Utara kembali menambah perolehan medali emas ketiga pada cabang biliar PON Aceh-Sumut 2024 melalui pasangan Jefry Zen/Punguan Hasiholan Sihombing yang menenangkan laga final nomor 10 ball double putra di Pardede Hall, Medan, Kamis.

Jefry/Punguan berhasil menaklukkan pasangan wakil Jawa Barat Irsal Afrinneza Nasution/Erwin dengan skor akhir 8-6.

"Pertandingan tadi sangat menegangkan karena wakil Jawa Barat ini pemain yang kuat," ujar Jefry kepada ANTARA setelah pertandingan.

Pasangan Jefry/Punguan mengawali laga dengan kemenangan untuk membuka keunggulan dengan skor 1-0. Pada set berikut, Irsal/Erwan mampu menyamakan kedudukan dan melanjutkan dominasi untuk membalikkan keadaan menjadi unggul 2-1.

Kedua tim saling mencetak kemenangan secara bergantian sehingga skor kembali seimbang 4-4. Jefry/Punguan mengambil alih set berikut untuk mengubah papan skor menjadi 5-4. Keduanya memperlebar keunggulan hingga mencatatkan skor 7-4.

Perlawanan ketar kembali diberikan Irsal/Erwin yang memenangkan dua set berturut-turut hingga memperkecil kekalahan menjadi 6-7.

Saat pertandingan kembali berlanjut setelah time out, Jefry/Punguan mengawali permainan dalam posisi unggul setelah memasukkan bola yang dibongkar.

Duet jagoan dari tim tuan rumah itu pun mampu mempertahankan keunggulan melalui pukulan-pukulan yang akurat untuk memasukkan setiap bola hingga bola terakhir (bola 10), tanpa sekali pun memberikan kesempatan bermain untuk lawan.

Jefry mengatakan, timnya berusaha bermain tenang selama pertandingan meskipun beberapa kali lawan mengambil keunggulan sementara.

"Kami sempat memimpin dikejar lagi, kembali memimpin dikejar lagi, jadi memang sangat menegangkan," ujarnya.

Ia mengaku bersyukur atas kehadiran para pendukung di sekitar arena pertandingan yang mampu memberikan motivasi tersendiri bagi tim untuk menuntaskan pertandingan dengan hasil gemilang.

Dengan pencapaian itu, Jefry/Punguan menambah pundi medali emas untuk Sumatera Utara dari cabang biliar menjadi tiga medali emas.

Dua medali emas sebelumnya diraih pasangan Marlando Sihombing/Jaka Kurniawan Ginting yang turun pada dua nomor yaitu english billiard frame double dan english billiar 350 point double.

Pertandingan cabang biliar PON Aceh-Sumut 2024 sudah berlangsung sekitar empat hari sejak Senin (9/9). Cabang biliar menyuguhkan lima kelas yaitu pool putra, pool putri, carom, english billiard, dan snooker yang diikuti 127 atlet putra dan 14 atlet putri dari 32 provinsi di tanah air.

Baca juga: Pebiliar berusia 74 tahun Tan Kiong An tambah emas untuk Jawa Tengah

Baca juga: Marlando/Jaka tambah emas kedua cabang biliar PON untuk Sumatera Utara


 

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024