Jakarta (ANTARA) -
Tim boling Jawa Barat (Jabar) memimpin babak penyisihan nomor ganda campuran Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara di GOR Bowling Hj Rayati Syafrin, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Kamis.
 
Dalam pertandingan penyisihan itu, Jabar diperkuat Rangga Dwichandra Yudhira dan Alisha Nabila Larasati, yang berhasil membukukan total 2.439 poin dari enam gim yang dilakoni.
 
Alisha mencatatkan rata-rata 183 poin per gim, sedangkan Rangga 224 poin per gim.
 
Pasangan tersebut unggul 142 poin dari peringkat kedua, yang dihuni oleh wakil Jawa Timur (Jatim), Fachri Ibnu Askar dan Shinta Ceysaria Yunita, yang mencatatkan total 2.297 poin.
 
Mengekor di peringkat ketiga, pasangan Hengki dan Cheya Chantika yang berasal dari DKI Jakarta. Keduanya mengemas total 2.285 poin dan hampir mengungguli pasangan Jatim saat gim terakhir atau keenam.
 
Sedangkan di urutan keempat, pasangan asal Sumatera Selatan, yakni Salim dan Elsa Maris, menjadi satu-satunya perwakilan Pulau Sumatera dalam babak empat besar nomor ganda campuran.
 
Mereka membukukan total 2.276 poin atau tertinggal 163 poin dari peringkat pertama.

Baca juga: Aldila: Sulit lawan peboling Jatim, senang menang dua gim langsung
 
Cabang olahraga nomor ganda campuran PON XXI Aceh-Sumatera Utara 2024, diikuti 10 provinsi yang mengirimkan masing-masing dua pasangan untuk merebut medali emas.

Pertandingan semifinal nomor itu dilaksanakan pada Jumat (13/9), pukul 13.30 WIB.

Sementara itu, boling kembali dipertandingkan dalam PON XXI Aceh-Sumatera Utara, setelah 8 tahun absen. Boling terakhir dipertandingkan pada PON XIX Jawa Barat 2016, karena PON XX Papua membatalkan keikutsertaan olahraga tersebut.
 
Pada PON tahun ini, sebanyak 77 peboling yang terdiri 44 atlet putra dan 33 putri dari 10 provinsi, bersaing menjadi yang terbaik di cabang olahraga boling, dengan total 11 nomor pertandingan, di antaranya tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri, ganda campuran, dan master.

Semua pertandingan digelar di GOR Hj Rayati Syafrin, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, mulai 7 hingga 19 September.


Baca juga: Boling - Billy dan Nadia, suami-istri raih emas meski beda provinsi

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024