Banda Aceh (ANTARA) - Judoka Indah Permatasari berhasil menyumbangkan satu-satunya medali emas untuk Lampung dari nomor perorangan cabang olahraga judo Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024.

"Awalnya saya ragu bisa berbuat banyak karena lawan yang dihadapi berat-berat bahkan ada yang TC di luar negeri," kata atlet Lampung Indah Permata Sari di Banda Aceh, Kamis.

Indah Permata Sari berhasil keluar sebagai pemenang di nomor +78kg putri usai mengalahkan wakil dari Bali Dewa Ayu Mira Widari.

Ia mengaku khawatir dengan lawan-lawan yang akan dihadapi karena hanya melakukan latihan di Lampung saja.

"Saya sangat terbantu karena tergabung di Pelatnas judo sehingga bisa mempersiapkan diri lebih panjang waktunya," kata dia.

Dirinya sangat senang dengan capaian di PON XXI Aceh-Sumut karena mampu meraih prestasi dibanding saat di PON XX Papua 2021.

"Saya di Papua kalah di saat perebutan medali perunggu dan hasil ini tentu sangat membahagiakan," kata dia.

Apalagi di PON Aceh-Sumut lawan yang dihadapi cukup berat dan memiliki "power" yang tinggi.

"Saya bermain di kelas berat +78kg dan sama kelas dengan di Papua dulu. Saya bersyukur dengan pencapaian ini," kata dia.

Saat pertandingan menghadapi Dewa Ayu Nira Widari dirinya berusaha keras memberikan kemampuan terbaik dan ketika wasit menyatakan dirinya menang langsung menangis.

"Saya menangis karena ingat ibu dan perjuangan saya sampai di titik ini," kata dia.

Alumni Universitas Muhammadiyah Lampung mengatakan akan terus berlatih keras dan setelah PON XXI ini dirinya akan kembali ke pelatnas untuk persiapan menghadapi SEA Games.

"Saya akan terus bekerja keras untuk dapat meraih prestasi," kata dia.

Baca juga: Judo - Atlet Jawa Barat tampil perdana di PON langsung dapat emas

Provinsi Lampung saat ini berada di peringkat keenam klasemen medali cabang olahraga judo setelah nomor perorangan berakhir pada Kamis.

Lampung yang mengemas satu medali emas berada di bawah DKI Jakarta dengan enam emas, Jawa Barat dengan lima medali emas, Banten dengan dua medali emas, Bali satu medali emas dan Jawa Timur juga dengan satu medali emas.

Medali emas cabang olahraga judo akan diperebutkan di dua pertandingan yakni nomor kata dan nomor beregu campuran.

"Total ada tiga medali emas yang akan diperebutkan di dua nomor ini yakni satu di nomor kata putra, satu di nomor kata putri dan satu medali di nomor beregu campuran," kata Technical Delegate Judo Ira Purnamasari.

Baca juga: DKI Jakarta pimpin klasemen nomor perorangan judo
 

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024