Pekanbaru, (ANTARA) - Pemerintah Kota Pekanbaru, Provinsi Riau menggelar simulasi Program Makan Siang Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) atau sering disebut Makan Bergizi Gratis di dua sekolah yakni di SDN 68 dan SMPN 32, Kamis.

Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru Risnandar Mahiwa meninjau langsung simulasi tersebut didampingi Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution bersama sejumlah kepala organisasi perangkat daerah.

Menurut dia kegiatan ini sudah terkoordinasi dengan baik termasuk menu makanannya.

"Kota Pekanbaru sebenarnya sudah siap melaksanakan program dari Presiden RI terpilih ini," kata Risnandar usai peninjauan.

Pemkot Pekanbaru ungkapnya hanya tinggal menanti petunjuk teknis dari kementerian terkait yang menangani program ini. Ia mengaku siap menerima arahan selanjutnya untuk penerapan program ini.

Lebih kurang ada seribu murid yang mendapat makan siang bergizi gratis dalam simulasi kali ini. Simulasi ini hanya berlangsung sehari pada dua sekolah itu.

"Ini sehari saja, tapi kita cari titik lain dan kesesuaian untuk simulasi," jelasnya.

Risnandar juga menyebutkan bahwa menu yang tersaji sudah mendapat saran dari ahli gizi. Nantinya program ini tidak cuma di SD dan SMP tapi juga bagi siswa PAUD dan TK.

Lebih lanjut pihaknya berencana bekerja sama dengan pelaku usaha lewat program tanggung jawab sosial perusahaan. Ia mengajak pelaku usaha swasta untuk melaksanakan program ini.

"Sebenarnya nilai manfaatnya kita siapkan untuk program prioritas pemerintah seperti mencegah stunting," tuturnya.

Baca juga: Pemkot Tangerang sebut pembiasaan MBG sasar 10.535 siswa di September

Baca juga: KKP: Makan Bergizi Gratis berpotensi menyerap banyak produk perikanan

Pewarta: Bayu Agustari Adha
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024