Batam (ANTARA) - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Batam, Kepulauan Riau, berkomitmen mewujudkan "zero" handphone (ponsel), pungli dan narkoba atau disingkat Halinar, dengan menggelar razia gabungan bersama aparat penegak hukum (APH), Kamis.

Razia gabungan tersebut melibatkan 24 pegawai Lapas Batam, bersama lima anggota Polsek Sagulung, lima anggota Koramil 0316-02 Sekupang dan enam personel BNN Kota Batam. Sasaran razia adalah kamar hunian warga binaan lapas itu.

“Razia gabungan ini sebagai deteksi dini Lapas Batam untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan dalam bidang keamanan,” kata Kepala Lapas Batam Heri Kusrita.

Selain sebagai deteksi dini, kata dia, razia gabungan tersebut juga merupakan implementasi tiga kunci pemasyarakatan maju plus back to basic, selain dalam rangka mewujudkan Lapas Batam zero Halinar.

Heri menyebut razia gabungan ini dilaksanakan dengan pendekatan humanis agar situasi di Lapas Batam tetap kondusif.

"Kegiatan ini juga sebagai wujud pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN),” katanya.

Dalam razia tersebut, beberapa kamar atau blok-blok hunian warga binaan yang digeledah petugas gabungan, di antaranya blok B1, B2, B3, sampai dengan blok B12, dan block C1, C2, C9, serta C16.

“Kami mengingatkan petugas untuk tetap menjaga sopan dan santun dan bersikap humanis kepada warga binaan yang akan digeledah, serta dalam pelaksanaan tetap menjaga keamanan dan ketertiban,” ujar Heri.

Hasil dari razia gabungan tersebut, kata dia, tidak ditemukan adanya narkoba, tetapi petugas mengamankan barang-barang terlarang seperti kartu remi, sendok stainless, benda tajam dan lainnya.

"Barang-barang terlarang tersebut disita dan didata, untuk selanjutnya dimusnahkan," ujarnya.

Dia mengatakan dalam razia tersebut juga melaksanakan tes urine kepada 31 warga binaan di Klinik Pratama Lapas Batam oleh petugas BNN Kota Batam.

“Hasil tes urine menunjukkan tidak ada ditemukan penggunaan narkotika dan obat terlarang,” kata Heri.​​​​​​​

Heri menambahkan Lapas Batam juga rutin menggelar razia internal kepada warga binaan dan pegawai setiap hari dan beberapa kamar.

Baca juga: Cegah peredaran narkoba, petugas razia blok hunian di Lapas Cipinang
Baca juga: Sidak gabungan di rutan dan lapas, petugas sita telepon hingga kompor
Baca juga: Petugas temukan ratusan benda terlarang dalam kamar tahanan


Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024