kita harapkan konsumsi ikan juga dapat meningkat
Kota Mojokerto (ANTARA) - Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Pemerintah Kota Mojokerto, Jawa Timur memberikan pelatihan pengolahan ikan sebagai upaya untuk meningkatkan konsumsi ikan dan mencegah inflasi.

Sekretaris Daerah Kota Mojokerto, Gaguk Tri Prasetyo di Kota Mojokerto, Kamis mengatakan sebanyak 80 peserta mengikuti pelatihan pengolahan ikan di gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Citra Maja Kinarya Kelurahan Blooto, Kecamatan Prajurit Kulon, Kota Mojokerto.

"Pelatihan ini merupakan salah satu upaya Pemerintah Kota Mojokerto untuk menekan stunting dan sekaligus memperkuat daya beli masyarakat di tengah inflasi," katanya di sela kegiatan.

Gaguk Tri Prasetyo menuturkan penanganan stunting dan inflasi bukan menjadi kewajiban salah satu perangkat daerah tetapi membutuhkan sinergitas lintas sektor.

Melalui pelatihan ini kita berupaya meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan mengolah ikan sehingga bisa menyajikan menu ikan bervariasi untuk meningkatkan gizi keluarga, kata Gaguk.

Baca juga: KKP gelar pelatihan mengolah produk ikan untuk keluarga nelayan
Baca juga: KKP gelar pelatihan peningkatan kapasitas masyarakat mengolah ikan


Ia menjelaskan, dengan adanya keterampilan mengolah ikan juga masyarakat bisa membuka usaha dan mampu meningkatkan perekonomian keluarga.

"Berbekal keterampilan membuat berbagai olahan ikan, bisa dijual sehingga meningkatkan ekonomi dan menguatkan daya beli masyarakat khususnya di saat inflasi," ucapnya.

Ia berharap dengan pengetahuan tentang diversifikasi pangan dari ikan nantinya dapat meningkatkan konsumsi ikan.

"Angka Konsumsi Ikan (AKI) Kota Mojokerto tahun 2023 adalah 39,94 kg per kapita, dengan berbagai olahan makanan berbahan dasar ikan kita harapkan konsumsi ikan juga dapat meningkat," ucapnya.

KadiskopUKMPerindag, Kota Mojokerto Ani Wijaya menyampaikan bahwa untuk pelatihan olahan ikan digelar selama 5 hari dan diikuti oleh 80 orang.

Peserta pelatihan itu berasal dari alumni inkubasi frozen food, keluarga dengan balita stunting, wali murid SLB Pertiwi, serta warga miskin.

Baca juga: KKP gencarkan program kampanye makan ikan berkelanjutan di Cirebon
Baca juga: Madiun tingkatkan jumlah konsumsi ikan di kalangan masyarakat
Baca juga: DIY gencarkan pelatihan diversifikasi pengolahan ikan bagi masyarakat

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024