Jakarta (ANTARA) -
Senam aerobik adalah salah satu bentuk olahraga yang populer karena mudah untuk dilakukan dan melibatkan seluruh pergerakan anggota tubuh.
 
Senam itu dilakukan dengan irama musik yang ceria dan energik sehingga banyak orang merasa senang dan rileks saat melakukannya.
 
Senam aerobik sering dianggap sebagai aktivitas fisik yang tidak hanya menyenangkan, tapi, memiliki berbagai manfaat, salah satunya menurunkan berat badan.
 
Pengertian senam aerobik

Aerobik adalah latihan yang berhubungan dengan pasokan oksigen yang dikirimkan kepada jantung dan otot. Ketika beraktivitas aerobik, jantung akan berdetak lebih cepat sehingga latihan aerobik juga disebut sebagai latihan kardio.

Latihan aerobik yang terlalu berat akan berubah menjadi anaerobik, yaitu ketika olahraga tanpa pasokan oksigen sehingga membuat Anda kehabisan napas, namun, memberikan energi yang cepat dalam waktu yang singkat.

Latihan aerobik identik dengan senam yang energik seperti Zumba atau senam lantai.
 
Bentuk gerakan senam aerobik ini terdiri dari beberapa variasi, seperti low-impact (gerakan perlahan dan ringan), high-impact (gerakan cepat dan keras), discorobic, rockrobic, aerobic sport, aerobic dance, dan menggunakan alat. Latihan aerobik dapat disesuaikan dengan kemampuan tubuh.
 
Senam aerobik biasanya dilakukan dalam kelompok secara bersama-sama dan kompak, baik di dalam ruangan atau di luar ruangan.
 
Manfaat senam aerobik
 
Senam aerobik memiliki manfaat positif untuk jantung, paru-paru, dan peredaran darah, sehingga tidak menutup kemungkinan dapat memberikan kesehatan tubuh secara menyeluruh.
 
1. Meningkatkan kesehatan jantung dan pembuluh darah
Dengan gerakan yang melibatkan otot tubuh, senam aerobik membantu memperkuat jantung untuk meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh.
 
Selain itu, senam aerobik dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Penurunan kolesterol jahat bisa membantu menurunkan risiko penyakit jantung koroner dan stroke, akibat ateroskleoris (penumpukan plak) dan penyumbatan di pembuluh darah.
 
2. Membantu menurunkan berat badan
Gerakan fisik yang dilakukan selama senam aerobik dapat membakar kalori sehingga efektif untuk menurunkan berat badan dan menjaga bentuk tubuh ideal.
 
Rutin melakukan senam itu juga dapat membantu mengontrol lemak tubuh yang didukung dengan pola makan sehat dan konsumsi makanan yang bergizi.
 
3. Mengurangi stres dan meningkatkan suasana hati
Senam aerobik dapat memicu produksi senyawa dopamin dan hormon endorfin, yang dikenal dapat menimbulkan rasa kebahagiaan dan pereda nyeri alami.

Hormon tersebut dapat membantu mengurangi stres, meningkatkan suasana hati, dan memberikan perasaan lebih bahagia serta rileks setelah berolahraga sehingga seseorang dapat tidur lebih nyenyak.
 
4. Meningkatkan daya tahan tubuh
Dengan gerakan yang energik, senam aerobik melatih daya tahan tubuh, kekuatan otot, dan meningkatkan antibodi dalam darah.

Hal itu menjadi penting untuk menjaga tubuh tetap bugar, terutama bagi yang ingin meningkatkan stamina dan menghindari berbagai penyakit.
 
5. Menjaga kesehatan tulang dan sendi
Berbagai gerakan tubuh dalam senam aerobik dapat melatih otot tubuh sehingga bisa menjaga kesehatan kekuatan tulang dan sendi. Dengan melakukan senam aerobik secara rutin, Anda dapat mencegah penyakit osteoporosis terutama saat sudah memasuki usia tua.

Pewarta: Putri Atika Chairulia
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2024