Taiyuan (ANTARA) - Cadangan gas metana batu bara terbukti baru di Provinsi Shanxi, China utara, mencapai 163,808 miliar meter kubik pada 2023, yang merupakan rekor tertinggi, menurut sebuah laporan yang diterbitkan oleh Departemen Sumber Daya Alam Provinsi Shanxi dalam Forum Pengembangan Energi Rendah Karbon Taiyuan (Taiyuan Energy Low Carbon Development Forum) 2024 pada Rabu (11/9).

Laporan tersebut menunjukkan bahwa cadangan geologi terbukti Shanxi meningkat setiap tahunnya, dengan total 271,671 miliar meter kubik cadangan gas metana batu bara terbukti baru yang tercatat dari 2019 hingga 2023.

Shanxi dikenal dengan sumber daya gas metana batu baranya yang melimpah. Pemanfaatan gas metana batu bara, yang merupakan produk sampingan dari batu bara, dapat mengurangi risiko dalam pertambangan, memangkas emisi gas rumah kaca, dan mengatasi kekurangan gas.

Perkiraan sumber daya gas metana batu bara pada kedalaman kurang dari 2.000 meter di Shanxi diperkirakan mencapai sekitar 8,31 triliun meter kubik, mencakup hampir sepertiga dari totalnya secara nasional.

Hingga akhir 2022, cadangan gas metana batu bara terbukti di provinsi itu telah melampaui 760 miliar meter kubik.


 

Penerjemah: Xinhua
Editor: Azis Kurmala
Copyright © ANTARA 2024