Jakarta (ANTARA) - Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto melakukan mutasi, rotasi dan promosi kepada 130 perwira tinggi (pati) dari tiga matra TNI untuk mengisi sejumlah jabatan yang beberapa di antaranya merupakan posisi strategis.

Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen TNI Hariyanto saat dihubungi di Jakarta, Kamis, menjelaskan 130 perwira tinggi yang dimutasi, dirotasi, dan diberikan promosi itu terdiri atas 68 perwira tinggi TNI Angkatan Darat, 39 perwira tinggi TNI Angkatan Laut, dan 23 perwira tinggi TNI Angkatan Udara.

“SKEP Nomor 1080/IX/2024 dikeluarkan tanggal 11 September 2024,” kata Kapuspen TNI menyebut nomor surat keputusan Panglima TNI terkait mutasi terbaru 130 perwira tinggi itu.

Baca juga: Panglima mutasi 256 pati, termasuk jabatan strategis di TNI dan BIN

Dari jajaran TNI Angkatan Darat, antara lain Mayjen TNI Mohammad Fadjar yang sebelumnya menjabat Pangdam III/Siliwangi mendapatkan promosi sebagai Komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan, dan Latihan (Dankodiklat) TNI.

Fadjar menggantikan Laksamana Madya TNI Maman Firmansyah yang dimutasi menjadi Staf Khusus Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL).

Kemudian, posisi Pangdam III/Siliwangi pun saat ini diisi oleh Mayjen TNI Dadang Arif Abdurachman.

Dalam SKEP yang sama, Panglima juga menunjuk Mayjen TNI Maryono untuk menjadi Koordinator Staf Ahli (Koorsahli) Panglima TNI, kemudian Mayjen TNI Bosco Haryo Yunanto sebagai Sekretaris (Ses) Badan Intelijen Strategis (BAIS) TNI, dan Brigjen TNI Dany Rakca Andalasawan sebagai Komandan Pusat Latihan Tempur (Danpuslatpur) Kodiklat TNI AD.

Panglima TNI juga merotasi Mayjen TNI Putranto Gatot Sri Handoyo yang semula menjabat sebagai Komandan Pusat Kesenjataan Artileri Medan (Danpussenarmed) menjadi Pangdam XV/Pattimura. Jabatan Danpussenarmed pun saat ini diisi oleh Brigjen TNI Agus Hadi Waluyo yang mendapatkan promosi dari jabatan dia semula sebagai Wakil Asisten Personel Panglima TNI.

Dalam SKEP itu juga Panglima TNI juga memutasi Mayjen TNI Wahyoedho Indradjit yang semula menjabat Jaksa Agung Muda Bidang Pidana Militer (Jampidmil) menjadi Staf Khusus Kepala Staf TNI AD. Jabatan Jampidmil saat ini diisi oleh Mayjen TNI Mokhamad Ali Ridho yang sebelumnya menjabat sebagai Oditur Jenderal (Orjen) TNI.

Kemudian, Panglima TNI juga mengganti beberapa danrem (komandan resor militer), yaitu Brigjen TNI Sugiyono sebagai Danrem 031/Wirabima di Pekanbaru, Brigjen TNI Bambang Herqutanto sebagai Danrem 033/Wira Pratama di Tanjungpinang, dan Brigjen TNI Susilo sebagai Panglima Divisi Infanteri (Pangdivif) 2 Kostrad.

Baca juga: Panglima mutasi 215 pati, termasuk di Kemhan dan Kemenko Polhukam

Sementara itu, di jajaran TNI Angkatan Laut, Panglima TNI memutasi Laksdya TNI T. S. N. B. Hutabarat dari posisinya semula sebagai Sekretaris Jenderal (Sesjen) Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas) saat ini menjadi dosen tetap Universitas Pertahanan, kemudian Laksdya TNI Agus Hariadi yang semula menjabat Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I saat ini menjadi Sesjen Wantannas.

Jabatan Pangkogabwilhan I pun diisi oleh Laksamana Muda TNI Rachmad Jayadi yang sebelumnya bertugas sebagai perwira staf ahli Panglima TNI dan Pangkoarmada III.

Panglima TNI juga memutasi Brigjen TNI (Mar) Suherlan yang sebelumnya menjabat Wakil Komandan Korps Marinir (Wadan Kormar) sebagai perwira staf ahli Panglima TNI. Posisi Suherlan pun saat ini diisi oleh Brigjen TNI (Mar) Muhammad Nadir yang sebelumnya menjabat sebagai Komandan Pasukan Marinir (Danpasmar) 2 Korps Marinir.

Selanjutnya, Panglima TNI pun memberikan promosi kepada Kolonel Marinir Nanang Saefulloh yang semula menjabat Asisten Operasi Dankormar saat ini menjadi Danpasmar 2 Korps Marinir.

Kemudian masih di lingkungan TNI AL, Panglima TNI juga memutasi Laksamana Pertama TNI Teguh Prasetya yang sebelumnya menjabat Komandan Gugus Keamanan Laut (Danguskamla) Komando Armada II saat ini menjadi Kepala Kantor Keamanan Laut (Kamla) Zona Maritim Tengah Bakamla RI. Teguh pun digantikan oleh Kolonel Laut (P) Hreesang Wisanggeni.

Kemudian, Laksda TNI Bambang Irawan dari dosen tetap Unhan saat ini menjabat Wakil Komandan Pusat Hidro-Oseanografi TNI AL (Wadan Pushidrosal). Dia menggantikan Laksda TNI Rony Saleh yang saat ini menjadi Asisten Personel KSAL.

Panglima TNI juga menunjuk Brigjen TNI (Mar) Joni Sulistiawan yang semula menjabat Komandan Pangkalan Utama TNI AL V/Surabaya sebagai Direktur Latihan Kodiklatal. Jabatan Danlantamal V/Surabaya pun diisi oleh Kolonel Laut (P) Arya Delano.

Terakhir dari jajaran TNI Angkatan Udara, Panglima TNI memutasi Marsekal Pertama (Marsma) TNI Destianto Nugroho Utomo yang semula menjabat Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) Halim Perdanakusuma saat ini menjadi Staf Khusus Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU). Dia digantikan oleh Kolonel Pnb. Muzafar.

Panglima TNI juga memutasi Marsma TNI Ramot Christian Parlindungan Sinaga yang sebelumnya menjabat Danlanud Sam Ratulangi saat ini menjadi Staf Khusus KSAU. Dia digantikan oleh Marsma TNI Antariksa Anondo.

Baca juga: Panglima TNI mutasi 183 pati, termasuk pangdam dan kapuspen
Baca juga: Panglima TNI mutasi 49 pati, termasuk pangkostrad dan pangdam

 

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024