Banda Aceh (ANTARA) - Tim putra Aceh berhasil meraih medali emas pertama Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 Aceh-Sumut dari cabang Rugby X setelah mengalahkan tim Kalimantan Timur (Kaltim) yang berlangsung di lapangan Lambung, Banda Aceh pada Kamis siang WIB.
 
Sejak awal pertandingan, tim putra Aceh sudah unggul 22-19 di babak pertama sebelum mengamankan kemenangan atas tim putra Kaltim dengan skor akhir 34-22.
 
Kapten tim Aceh, Agustriawan menyampaikan rasa syukurnya karena berhasil mempersembahkan emas untuk cabang Rugby X, yang pertama kali disertakan di PON.
 
"Kami sebagai atlet dan pemain pasti sangat bangga bisa memperoleh medali emas dan mempersembahkan untuk masyarakat Aceh, semua itu berkat kerja sama tim yang solid dan tidak bisa gambar dengan kata-kata, tetapi dengan perbuatan kita di lapangan tadi," kata atlet berusia 26 tahun tersebut usai acara pengalungan medali pada Kamis siang.
 
Agustriawan juga memuji jalannya penyelenggaraan PON khususnya untuk cabang rugby x dan berharap bisa lebih baik lagi di masa mendatang.
 
"Pelaksanaannya tersusun dengan baik dan semoga ke depannya bisa lebih baik lagi untuk pelaksanaan pertandingannya," ungkap Agustriawan.
 
Sementara itu, pelatih rugby tim Aceh Septi Hariansyah menceritakan bahwa timnya telah berlatih selama tiga tahun untuk bertanding di PON 2024 dan dia puas dengan prestasi yang berhasil diraih.
 
"Persiapannya kurang lebih hampir tiga tahun kita mempersiapkan ini, dibantu oleh KONI, Dispora dan Pemerintah Aceh sehingga pelatdanya jalan dengan baik serta apa yang ditargetkan kepada kami bisa tercapai pada hari ini," jelas Septi.
 
Sementara itu, medali emas di nomor putri berhasil diraih tim Bali setelah menang telak atas wakil DIY Yogyakarta dengan skor 31-5 di lapangan Lambung beberapa jam setelah laga tim putra bertanding.

Tim putri Bali meraih medali emas PON 2024 cabang rugby x yang berlangsung di lapangan Lambung pada Kamis (11/9/2024). ANTARA/Hendri Sukma Indrawan

Pelatih tim rugby Bali, Wira Ditta Lokantara menyebutkan capaian emas ini merupakan yang pertama bagi tim rugby sekaligus memperbaiki prestasi saat merebut Medali perunggu di PON 2021 Papua.
0
"Saya bangga dengan perjuangan tim, bagaimana kita melakukan strategi dan persiapan selama dua tahun terakhir untuk mencapai hari ini," kata Wira.
 
Kapten tim putri Bali, Ni Made Lusiana Gustanti juga mengaku bangga akhirnya bisa meraih hasil maksimal di cabang rugby x kali ini setelah hanya bisa mendapatkan perunggu di PON 2021 Papua.
 
"Sangat bersyukur, senang dan bangga karena ini adalah sejarah untuk rugby Bali karena di Papua kami cuma sampai semifinal dan kita balas di sini dengan meraih peringkat pertama," kata Ni Made.
 
Berikut raihan medali PON 2024 Aceh-Sumut di cabang Rugby X:
 
Tim putra
Emas - Aceh
Perak - Kalimantan Timur
Perunggu - Banten/DIY Yogyakarta
 
Tim putri
Emas - Bali
Perak - DIY Yogyakarta
Perunggu - Banten/Kalimantan Timur

Baca juga: Tim Rugby X putra Aceh lolos ke semifinal

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024