“Kita perkuat pariwisata dengan tagline baru kami Makassar Kota Makan Enak,”
Makassar (ANTARA) - Penjabat Sekda Kota Makassar Firman Hamid Pagarra menggelar pertemuan dengan Dewan Pimpinan Australia Indonesia Institute (AII) Board Chair, Emiritus Professor Greg Fealy AM membahas penjajakan kerja sama bidang pendidikan dan pariwisata.

"Hari ini kita melakukan pertemuan dan membahas kerja sama terkait dengan beberapa kota-kota dan kabupaten dalam hal ini kota Makassar akan melakukan menjajakan kerja sama dalam bidang pariwisata, pendidikan dan lain-lain,” ujarnya di Makassar, Kamis.

Firman mengatakan Australia yang merupakan salah satu kota maju di dunia punya banyak kerja sama dengan kota-kota maju lainnya dan Kota Makassar juga akan melakukan hal yang sama.

Ia pun menyambut baik beberapa hal yang disampaikan oleh Greg Fealy tersebut. Dia mengatakan pihak Dewan Pimpinan AII ini akan melakukan penjajakan kerja sama dibeberapa bidang seperti pariwisata dan pendidikan.

“Pihak Australia Indonesia Institute ke sini juga untuk melihat sudah sejauh mana perkembangan hubungan kerja sama Indonesia yang sudah dilakukan sebelumnya khususnya Makassar, Maros dan semua itu apakah sudah sesuai, dalam hal meningkatkan kabupaten/kota kedepannya,” katanya.

Firman pun menjelaskan bagaimana sektor pariwisata di Kota Makassar mengalami perkembangan dalam beberapa tahun terakhir tersebut, apalagi Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto juga sudah menerima penghargaan atas perhatiannya kepada pariwisata dan pelestarian budaya.

“Kita perkuat pariwisata dengan tagline baru kami Makassar Kota Makan Enak,” tuturnya.

Ia juga sempat berbincang mengenai sejarah kota Makassar dan hubungan dengan suku di Australia yang sudah terjalin sejak dulu.

Olehnya itu, Firman mengungkapkan pihak AII masih melihat apakah ada sektor lain yang unggul sehingga penjajakan kerjasama lainnya dapat terjalin.

“Pemerintah kota Sidney mungkin melihat penjajakan lainnya lagi, apakah ada unggul dan dapat terjalin kerjasama untuk menjadi bahan masukan seperti itu kedepannya,” ungkapnya.

Firman pun berharap melalui pertemuan ini akan ada hasil yang memuaskan demi memajukan kota Makassar yang baik untuk semua.
Baca juga: Unismuh Makassar jajaki kerja sama pengembangan pendidikan dengan AS
Baca juga: Unismuh-GCS Singapura bahas kerja sama peningkatan mutu pendidikan
Baca juga: Unibos dan Unismuh Makassar teken kerjasama Program MBKM

 

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2024