ada 100 perusahaan yang siap merekrut tenaga kerja
Bengkulu (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Bengkulu menggelar bursa kerja Bengkulu Job Fair 2024 dalam menyediakan ribuan peluang berkarier bagi masyarakat yang belum mendapatkan pekerjaan.
 
"Job Fair kali ini akan mampu membuka ribuan lapangan kerja baru. Ada sekitar 50 perusahaan yang buka stan langsung di lokasi dan totalnya ada 100 perusahaan yang siap merekrut tenaga kerja di bidang perkebunan, pertambangan, rumah sakit, dan lainnya," kata Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah di Bengkulu, Kamis.
 
Pemprov Bengkulu menilai program bursa kerja tersebut penting digelar mengingat angka pengangguran di Bengkulu lebih dari 34 ribu orang.
 
Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Provinsi Bengkulu mencatat mayoritas pengangguran berasal dari lulusan sarjana baru dan lulusan SMA sederajat.
 
Kepala Dinas Ketenagakerjaan Syarifudin mengatakan bahwa saat ini perekonomian Bengkulu sedang mengalami pertumbuhan pesat sehingga menambah peluang kerja bagi masyarakat.
 
"Ada dua rumah sakit besar yang dalam tahap pembangunan, dan masing-masing akan membutuhkan 300 tenaga kerja. Selain itu, tiga pabrik CPO di Seluma dan Bengkulu Selatan siap berproduksi, dengan minimal 200 tenaga kerja dibutuhkan per perusahaan," kata Syarifudin.
 
Tak hanya sektor kesehatan dan CPO, lanjut dia sektor ritel dan konstruksi juga diprediksi akan menyerap banyak tenaga kerja dalam waktu dekat.

Baca juga: BPS: Pengangguran di Bengkulu turun 0,17 persen
Baca juga: Bengkulu luncurkan RIRU Rafflesia akselerasi investasi daerah
 
Syarifudin mengatakan, Bengkulu Job Fair 2024 kali ini tidak hanya berfokus pada perekrutan, tetapi juga memberikan wawasan penting bagi pencari kerja.

Menurut Syarifudin, kegiatan bursa kerja juga menyediakan sesi seminar karier memandu para calon tenaga kerja siap menghadapi proses seleksi dan tahu bagaimana menyiapkan dokumen lamaran yang tepat.
 
Pemerintah Provinsi Bengkulu menilai kegiatan bursa kerja ini penting guna mempertemukan penyedia dan pencari kerja untuk bertemu lebih mudah dan mampu mengurangi angka pengangguran.
 
Namun, kegiatan bursa kerja itu tentu bukan satu-satunya upaya Pemerintah Provinsi Bengkulu dalam mengurangi angka pengangguran daerah. Pemprov juga memberikan kesempatan magang ke luar negeri bagi generasi muda Bengkulu.
 
Kemudian, Pemprov Bengkulu juga mendorong sisi kualitas sumber daya manusia dengan menyediakan berbagai program beasiswa belajar baik di kampus-kampus terbaik dalam negeri maupun luar negeri.
 
Selain itu, pemerintah provinsi juga terus meningkatkan kualitas infrastruktur dan stimulasi sektor ekonomi daerah dalam menumbuhkan iklim investasi, industri dan UMKM.

Baca juga: Pemkot Pekalongan selenggarakan Job Fair 2024 tekan angka pengangguran
Baca juga: BPJamsostek edukasi pencari kerja di Naker Fest 2024
Baca juga: Disdikbud Lampung: 109 dunia usaha kerja sama dalam "job fair" SMK

Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024