Jakarta (ANTARA) - Latihan angkat beban, atau yang sering disebut latihan kekuatan, membantu membangun otot menjadi lebih kuat, memperkuat tulang dan sendi, serta menjaga metabolisme tubuh tetap sehat.

Anda juga bisa membakar lebih banyak kalori ketika latihan angkat beban, yang berpengaruh terhadap penurunan berat badan.

Latihan angkat beban tidak melulu harus dilakukan di gym, Anda bisa latihan kekuatan di rumah dengan atau tanpa alat. Namun, pertimbangkan menggunakan alat untuk memperluas variasi latihan di rumah.

Berikut adalah alat angkat beban yang bisa digunakan untuk latihan di rumah:

1. Dumbbell

Latihan angkat beban identik dengan mengangkat dumbbell. Anda bisa membeli satu set dumbbell dengan bobot yang disesuaikan dengan kemampuan.

Jika baru mulai latihan angkat beban, Anda bisa memulai dengan dumbbell berbobot 1 kilogram. Satu set dumbbell rerata dipasarkan mulai harga Rp145.000, semakin berat bobotnya, semakin tinggi harganya.

2. Kettlebell

Alat angkat beban kedua untuk latihan di rumah adalah kettlebell, alat yang menyerupai bola berisi beban dan memiliki pegangan. Latihan dengan kettlebell seringkali melibatkan beberapa kelompok otot sekaligus sehingga efektif bagi orang yang tidak punya banyak waktu untuk berolahraga.

Kettlebell bisa dengan mudah ditemukan di e-commerce dengan bobot dan harga yang beraga. Satu buah kettlebell bisa didapatkan mulai harga Rp100.000.

3. Resistance band 

Berlatih dengan resistance band bisa menjadi variasi latihan kekuatan Anda. Resistensi pada pita elastis itu dinilai setara dengan mengangkat bobot tertentu.

Semakin tinggi tingkat resistensi pita, maka semakin berat bobot latihan.

Harga resistance band tergolong lebih murah jika dibandingkan dengan kettlebell dan dumbbell, bisa didapatkan mulai Rp30.000.

Latihan beban di rumah memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah menghemat waktu karena tidak perlu bepergian dan mengantre alat seperti ketika latihan di gym.

Berolahraga di rumah juga berarti Anda bisa berolahraga kapanpun sesuai dengan waktu luang yang dimiliki. 

Pewarta: Allisa Luthfia
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2024