Banda Aceh (ANTARA) - Kontingen Jawa Timur melaju mulus ke babak semifinal tenis beregu putra dan putri Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara 2024, setelah menang identik 2-0 atas tuan rumah Aceh dalam rangkaian pertandingan perempat final di Lapangan Tenis Kompleks Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Kamis.

Anthony Susanto dan Muhammad Rifqi Fitriadi yang turun di partai tunggal mengantarkan Jawa Timur ke semifinal beregu putra setelah menang relatif mudah atas lawan masing-masing.

Anthony yang menghadapi tunggal putra Aceh Irfandi Hendrawan, menang cepat dengan skor 6-2, 6-0. Sedangkan Rifqi mengandalkan strategi solid base line ketika melumpuhkan tunggal putra Aceh lainnya, Muhammad Gunawan Trimuswantara, 6-3, 6-2.

Kendati meraih kemenangan, Rifqi selepas pertandingan sempat mengakui kemampuan Gunawan, yang ia sebut sebagai lawan sulit di partai tunggal kedua. Rifqi merebut momentum dalam laga kontra Gunawan yang sempat berlangsung sengit ketika sang lawan membuka celah lantaran kesalahan-kesalahan kecil.

Baca juga: Jawa Timur jadi unggulan pertama tenis beregu
Baca juga: Aldila Sutjiadi: Pakaian pelapis tak ganggu pergerakan saat tanding


Di nomor beregu putri, Aldila Sutjiadi, turun sebagai wakil Jawa Timur di partai tunggal pertama menghadapi wakil Aceh Ananda Putri Kurniai. Aldila menunjukkan kelasnya sebagai petenis jebolan semifinal US Open di hadapan Ananda yang baru melakoni debut di level PON.

Ananda tampak kewalahan meladeni serangan Aldila. Bahkan Aldila tak memberi sedikitpun celah bagi Ananda untuk mencetak skor sepanjang set pertama yang berjalan selama 40 menit. Aldila melenggang mulus memastikan poin pertama Jawa Timur di perempat final dengan kemenangan mudah 6-0, 6-0 atas Ananda.

Partai tunggal kedua mempertemukan Janice Tjen untuk Jawa Timur dan andalan tim putri Aceh, Cylova Zuleyka Hukmasabiyya. Cylova menanggung beban berat untuk memantik kebangkitan Aceh, namun beberapa kali ia justru gagal menerima pukulan servis dari Janice. Janice relatif mudah menghentikan perlawanan Cylova 6-1, 6-1, sembari memastikan langkah Jawa Timur ke semifinal beregu putri.

Untuk menghadapi semifinal besok Jumat (13/9), pelatih tim tenis Jawa Timur, Irmantara, mengatakan sudah mempersiapkan strategi khusus.

"Kami sudah merancang bagaimana strategi ketika akan bertanding dan sudah mendiskusikan dengan pemain. Mudah-mudahan dengan strategi yang sudah kita bicarakan bersama, kita bisa melaksanakan semifinal besok dengan sesuai target kita," kata dia.

Selain Jawa Timur, tiga kontingen lainnya juga maju ke semifinal beregu usai berhasil mengantongi kemenangan pada babak perempat final. Pada nomor beregu putra, kontingen yang lolos adalah Papua Barat, Kalimantan Selatan, dan DI Yogyakarta. Sedangkan pada nomor beregu putri, yakni Jawa Barat, Papua Barat, dan Jakarta.

Berikut hasil lengkap babak perempat final nomor beregu putra dan putri:

Nomor beregu putra

Jawa Timur 2 - Aceh 0
Papua Barat 2 - Bangka Belitung 0
Kalimantan Selatan 2 - Jawa Barat 0
DI Yogyakarta 2 - Kalimantan Timur 0

Nomor beregu putri

Jawa Timur 2 - Aceh 0
Jawa Barat 2 - Nusa Tenggara Barat 0
Papua Barat 2 - Kalimantan Selatan 0
Jakarta 2 - Sulawesi Selatan 0

Baca juga: Tenis - Janice Tjen akui masih beradaptasi pada PON pertamanya
Baca juga: Sarmunah persembahkan emas pertama menembak Papua untuk cucunya

Pewarta: Nadia Putri Rahmani
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2024