Medan, Sumatera Utara (ANTARA) - Provinsi DKI Jakarta dan Sumatera Utara (Sumut) mengungguli klasemen sementara nomor perorangan putra pada pertandingan golf Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Sumatera Utara-Aceh 2024 hari pertama di Royal Sumatra Golf Course, Medan, Sumatera Utara, Kamis.

Adapun DKI Jakarta dan Sumut berhasil memimpin klasemen sementara berkat aksi pegolf Gabriel Hansel Hari dan Asa Najib Bhakti yang memukau pada ronde pertama nomor perorangan putra kali ini.

Keduanya berhasil menduduki peringkat T1 klasemen sementara masing-masing dengan catatan total 69 pukulan atau tiga under (di bawah) par (pukulan maksimal yang harus dipenuhi dalam satu ronde). Adapun jumlah par yang ditetapkan kali ini sebanyak 72 dengan 18 hole.

Gabriel mencatat lima kali birdie pada pertandingan golf hari pertama PON XXI 2024, yakni pada hole 2, 7, 9, 16, dan 18. Sementara itu, ia mencatatkan dua kali bogey pada hole 4 dan 13.

Kemudian, Asa mencatat empat kali birdie pada hole 2, 3, 6, dan 11, serta satu kali bogey pada hole 14.

Setelah Gabriel dan Asa, klasemen sementara nomor perorangan putra peringkat ketiga diduduki oleh Mochtar (Kalimantan Timur) yang mencatatkan 70 pukulan atau dua under par, Rifqi Alam Ramadhan (DKI Jakarta) pada peringkat keempat dengan 71 pukulan atau satu under par, serta Hermanto (Lampung) pada peringkat kelima dengan 72 pukulan atau par.

Selanjutnya, terdapat Dana (Jawa Barat) pada peringkat keenam dengan 73 pukulan atau satu over par serta Rayhan Abdul Latief (Sumatera Utara), Kentaro Nanayama (DKI Jakarta), Alfred Raja Sitohang (Jawa Barat), Mustafa Thaib (Aceh) pada peringkat T7 masing-masing dengan 74 pukulan atau dua over par.

Adapun pertandingan golf PON XXI 2024 dengan nomor perorangan putra akan digelar selama tiga hari, yakni dari tanggal 12-14 September 2024.

Sebanyak 59 atlet golf putra bertanding dalam nomor tersebut untuk memperebutkan masing-masing satu medali emas, perak, dan perunggu, apabila telah berhasil menjadi yang terbaik saat menyelesaikan tiga ronde dalam tiga hari pertandingan.

Selain nomor pertandingan putra, terdapat pertandingan enam nomor lainnya yang digelar dalam perlombaan golf pada PON kali ini, yaitu perorangan putri, beregu putra, beregu putri, foursome (berempat) putra, foursome putri, dan campuran (mix) foursome.

Nomor pertandingan putri digelar bersamaan dengan nomor perorangan putra. Sementara, pertandingan nomor beregu putra dan beregu putri akan digelar pada 15-16 September 2024, sedangkan pertandingan nomor foursome putra, foursome putri, dan mix foursome akan digelar pada 17-18 September 2024.

Baca juga: Golf perebutkan tujuh emas

Baca juga: PGI jaring bibit pegolf berprestasi pada PON 2024

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024