raut wajah mereka terlihat sangat senang
Pangkalpinang (ANTARA) - Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Sugito meninjau langsung pembangunan 70 unit rumah layak huni bagi warga Suku Sawang di Desa Selinsing Kabupaten Belitung Timur, guna memastikan proses pembangunan rumah tersebut lancar.

"Saya ingin memastikan masyarakat Suku Sawang mendapatkan fasilitas perumahan yang layak dihuni, aman, nyaman dan sehat terlebih karena mereka berpenghasilan rendah," kata Sugito di Desa Selinsing, Kamis.

Ia mengatakan dalam menangani kawasan kumuh dan juga meningkatkan kualitas kesehatan serta kesejahteraan masyarakat, Pemprov Kepulauan Bangka Belitung menargetkan akan membangun 70 unit rumah layak huni bagi warga Suku Sawang Desa Selinsing Kabupaten Belitung Timur.

"Pada tahun ini, pembangunan rumah layak huni di Desa Selinsing sebanyak 30 unit dan 40 unit rumah akan dilaksanakan pada 2025," ujarnya.

Ia menyatakan saat ini pembangunan 30 unit rumah layak huni bagi warga Suku Sawang ini sudah mencapai 59 persen dan ditargetkan tuntas pada November 2024.

"Semoga pembangunan rumah ini segera selesai dan warga Suku Sawang ini bisa menempati rumah yang layak," harapnya.

Baca juga: Suku Sawang Beltim simpul jalur rempah Nusantara
Baca juga: Babel Lingdungi Suku Sawang


Menurut dia pembangunan rumah tidak layak huni (RTLH) ini merupakan program penanganan kawasan kumuh provinsi dengan luasan 10 hingga 15 hektare.

"Saya tadi berdialog dengan warga Suku Sawang dan dari raut wajah mereka terlihat sangat senang dan bahagia atas bantuan rumah layak huni ini," katanya.

Ia berharap program ini dapat dilaksanakan secara kolaboratif dengan memberdayakan entitas lain untuk pembinaan masyarakat.

"Kolaboratif ini misalnya, seperti pembinaan pola hidup bersih sehat, pembinaan pengelolaan sampah dan lingkungan, pembinaan keterampilan, serta penyediaan prasarana sarana utilitas, keagamaan, olah raga dan hal lainnya," katanya.

Baca juga: Mensos kaji pembangunan rumah layak huni Suku Talang Mamak
Baca juga: Kemensos siapkan rumah kawasan untuk Suku Anak Dalam Jambi
Baca juga: Pembangunan rumah warga suku laut di Lingga Kepri sudah 50 persen


 

Pewarta: Aprionis
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024