Jakarta (ANTARA) - Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Sudaryono mengungkapkan biodiesel B50 menjadi bargaining Indonesia kepada dunia.

"Barangkali dari semua komoditi perkebunan ini yang paling siap adalah sawit. Sawit ini tinggal kita dorong, bagaimana sawit supaya bisa masuk ke banyak pasar peningkatan ekspor kita, kemudian dikonversi menjadi B50 sebagai bagian dari bargaining kita kepada dunia," ujar Sudaryono dalam acara Perkebunan Indonesia Expo (BUNEX) 2024 di Pagedangan, Kabupaten Tangerang, Banten pada Kamis.

Menurut dia, hal tersebut dikarenakan Indonesia menguasai hampir 60 persen dari sawit dunia berasal dari Indonesia.

"Sawit itu kita produsen terbesar, terus rata-rata pengusaha petani sawit kita ini kalau dalam dia berusaha itu ada kekhawatiran apakah laku atau tidak produknya. Sekarang ini kita sudah punya substitusi, jadi kalau misalnya negara tujuan ekspor mempersulit dan lain-lain, kita bisa substitusi menjadi energi," katanya.

Dengan menguasai hampir 60 persen sawit dunia dan mampu mengonversinya menjadi biodiesel B50 maka Indonesia bisa berdaulat dalam sektor pangan dan energi.

"Saya kira ini kita tidak lagi ditentukan nasib kita oleh para pembeli. Kenapa? Kalau pembeli tidak mau beli sawit, maka sawit dikonversi menjadi bahan bakar," kata Sudaryono.

Selain itu dengan sawit dapat diubah menjadi B50 maka Indonesia juga dapat mengendalikan harga komoditas sawit di market.

"Itu artinya kalau produktivitas kita tinggi tetapi harga jatuh, kita konversi sebagian untuk B50 untuk bahan bakar biosolar kita. Jadi kita ada bandulan. Sama seperti Brazil melakukan bandulan antara gula sama bioetanol. Jadi saat harga gula tinggi, dia produksi di gula supaya harga gula turun. Kalau harga gula lagi rendah sekali, dia tarik sebagian untuk bioetanol supaya harga gulanya stabil," ujar Sudaryono.

Dirinya menyampaikan bahwa Kementerian Pertanian berkomitmen untuk terus mendukung peningkatan biodiesel dari sawit.

"Jadi ini akan terus ditingkatkan dari B50, bahkan secara teknologi B100 sudah berhasil," katanya.

Baca juga: Wamentan: Kedaulatan pangan dan energi harus jadi fokus Indonesia
Baca juga: Kementan jamin ketersediaan Biodiesel B50
Baca juga: Aprobi sebut lahan sawit tidak perlu diperluas untuk implementasi B50

 

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024