Banda Aceh (ANTARA) -
Atlet anggar dari Jawa Barat dan Kalimantan Timur lolos ke semifinal nomor degen perorangan putri pada Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumut 2024 di GOR Anggar Komplek Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Kamis.

Dari Jawa Barat, diwakili oleh Khatrin Ghea Endrawati dan Aghna Firashya, sedangkan dari Kalimantan Timur diwakili oleh Anis Rohadatul Neihlah Riyati dan Mouzha Apriliabrilian.
 
Selain mereka, ada pula Nisa Afrawasih asal Riau, Fathiyah Islahiyah asal Lampung, Kusuma Jasmine Supraba asal Jawa Tengah, dan Aditya Rizki Pramudita dari DKI Jakarta yang akan berlaga di semifinal.
 
Sebelumnya pada babak penyisihan, sebagian dari mereka rata-rata mencetak skor dengan selisih yang tidak begitu jauh satu sama lain. Namun ada pula yang mencatatkan skor dengan keunggulan cukup besar seperti Aghna yang sempat melawan Ratu Cahyani asal Kalimantan Barat dengan skor 15-5.
 
Pada babak semifinal, Nisa (Riau) akan berhadapan dengan Anis (Kalimantan Timur) sedangkan Khatrin (Jawa Barat) berhadapan dengan Fathiyah Islahiyah (Lampung).
 
Kemudian Kusuma (Jawa Tengah) yang bertanding melawan Mouzha (Kalimantan Timur), serta Aditya (DKI Jakarta) bertanding menghadapi Aghna (Jawa Barat).
 
Sebelumnya pada Rabu (11/9) atau hari pertama pertandingan anggar, Aceh keluar sebagai peraih medali emas untuk sabel perorangan putra melalui Indra Agus Setiawan dan Riau meraih medali emas untuk floret perorangan putri melalui Ayu Pani.
 
Baca juga: Anggar - Empat provinsi ini lolos ke semifinal floret individu putra

Pada Kamis di tempat yang sama juga berlangsung pertandingan untuk nomor floret perorangan putra. Final nomor floret perorangan putra dan degen perorangan putri akan diselenggarakan pada hari yang sama.
 
Cabang olahraga anggar pada PON XXI mempertandingkan 12 nomor untuk putra dan putri. Nomor untuk kategori putra antara lain sabel perorangan, floret perorangan, degen perorangan, sabel beregu, floret beregu, dan degen beregu.

Begitu pula nomor untuk kategori putri antara lain sabel perorangan, floret perorangan, degen perorangan, sabel beregu, floret beregu, dan degen beregu.

Cabang olahraga anggar diikuti  26 kontingen provinsi dan pertandingan berlangsung pada 11-16 September.
 
Pada Jumat (13/9), nomor degen perorangan putra dan sabel perorangan putri akan dilombakan. Selanjutnya, nomor beregu akan dimulai pada Sabtu (14/9), diawali dengan floret beregu putri dan sabel beregu putra.

Baca juga: Kadispora: Emas dari anggar putra jadi motivasi bagi atlet Aceh
Baca juga: Anggar - Riau cetak emas lewat floret individu putri pada PON XXI

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024