Kami sangat mengapresiasi Indonesia dan akan terus mendukung sehingga Indonesia dapat mencapai swasembada pangan dalam waktu dua sampai tiga tahun yang akan datang
Jakarta (ANTARA) - Direktur Jenderal (Dirjen) Badan PBB untuk Pangan dan Pertanian (FAO) Qu Dongyu menyampaikan komitmennya mendukung upaya Indonesia guna mencapai swasembada pangan dalam dua hingga tiga tahun ke depan.

“Kami sangat mengapresiasi Indonesia dan akan terus mendukung sehingga Indonesia dapat mencapai swasembada pangan dalam waktu dua sampai tiga tahun yang akan datang,” kata Qu Dongyu saat bertemu Menteri Pertanian (Mentan) RI Andi Amran Sulaiman dalam "Welcome Dinner G-20 Agriculture Ministerial Meeting" di Brasil, sebagaimana keterangan Kementan RI dikonfirmasi dari Jakarta, Kamis.

Dalam kesempatan itu, Dongyu kembali menjelaskan kesannya hingga Indonesia layak mendapatkan Agricola Medal FAO, sebuah penghargaan tertinggi di bidang ketahanan pangan.

Menurut Qu Dongyu, Indonesia menunjukkan perkembangan pesat dalam transformasi sistem pertanian dengan mengimplementasikan prinsip pengembangan pertanian berkelanjutan. Penghargaan Agricola Medal, kata dia, menjadi bukti dari upaya Indonesia dalam mewujudkan ketahanan pangan dan kehidupan masyarakat yang lebih baik.

“Indonesia telah menunjukkan kerja sama dan kolaborasi yang kuat dalam mencapai tujuan kita bersama di bidang ketahanan pangan global,” kata dia.

Dirjen FAO juga sempat berkisah bahwa setelah kembali dari Indonesia, dia bertolak ke Roma lalu ke Brasil untuk menghadiri G-20 Agriculture Ministerial Meeting ini sebagai wujud komitmen dan tanggung jawab memimpin FAO.

Menyambut apresiasi yang disampaikan oleh Qu Dongyu, Mentan Amran lantas menyampaikan capaian-capaian terakhir terkait upaya Indonesia mencapai swasembada pangan, termasuk rencananya untuk bekerja sama dengan negara-negara di dunia.

“Kami terbuka untuk bekerja sama dengan semua negara dalam pengembangan teknologi pertanian modern. Itulah tujuan kami hadir jauh-jauh ke Brasil,” kata Amran.

Amran bercerita dirinya telah mengunjungi Cina dan dua kali ke Vietnam dalam kurun waktu sebulan demi bisa mewujudkan target swasembada nasional.

Di Brasil, Mentan mewakili Indonesia menghadiri G-20 Agriculture Ministerial Meeting pada Kamis 12 September 2024 dan akan menyampaikan capaian-capaian penting Indonesia di bidang pertanian. Amran juga akan menghadiri pertemuan bilateral dengan Menteri Pertanian Argentina dan Menteri Pertanian Brasil, selain dengan Dirjen FAO.


Baca juga: Wamentan optimistis pertanian Indonesia siap capai swasembada beras
Baca juga: Mentan komparasi swasembada pangan pada era Jokowi dan era Soeharto
Baca juga: Mentan proyeksikan: Merauke jadi lumbung beras nasional dalam 2 tahun


Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2024