Melalui industri kakao, pemerintah ingin mengangkat daya beli masyarakat. Ini salah satu program andalan Pemerintah mendatang dalam meningkatkan kesejahteraan petani kakao
Jakarta (ANTARA) - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan bertemu dengan pelaku industri yang tergabung dalam Cocoa Association of Asia (CAA) di Singapura, Kamis, membahas tantangan dan langkah mensejahterakan petani kakao.

Pertemuan dilakukan di sela Cocoa Association of Asia-International Cocoa Conference Exhibition (CAA-ICCE) 2024 di Raffles City Convention Center, Singapura yang berlangsung pada 12-13 September 2024.

Zulkifli menyampaikan Pemerintah berkomitmen mendukung pertumbuhan industri kakao dan cokelat di Indonesia. Ini menjadi salah satu program andalan pemerintahan mendatang dalam meningkatkan kesejahteraan petani.

"Melalui industri kakao, pemerintah ingin mengangkat daya beli masyarakat. Ini salah satu program andalan Pemerintah mendatang dalam meningkatkan kesejahteraan petani kakao," ujar Zulkifli melalui keterangan di Jakarta, Kamis.

Dalam kesempatan tersebut, Zulkifli mengatakan Pemerintah akan membagi kluster di bidang pertanian dan memetakan provinsi yang memiliki potensi untuk produksi komoditas unggulan terpilih.

Pemerintah akan memberikan penugasan tambahan kepada Badan Pengelola Dana Perkebunan (BPDP), selain mengelola komoditi kelapa sawit, juga mengelola kakao dan kelapa.

Langkah lain yang akan dilakukan berupa rehabilitasi perkebunan kakao, dan melakukan hilirisasi produk berbahan dasar kakao.

Lebih lanjut, Zulkifli menyebut upaya yang dilakukan pemerintah tersebut menjadi peluang industri cokelat artisan di Indonesia untuk semakin berkembang dan merambah pasar global.

Industri cokelat artisan Indonesia terdiri atas 39 artisan dengan skala usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Industri cokelat artisan Indonesia mampu memproduksi coklat berkualitas tinggi dan premium yang menonjolkan asal-usul tunggal, cita rasa yang khas, serta kualitas premium dengan target konsumen khusus.

"Diharapkan kolaborasi dengan seluruh pihak, baik petani, swasta, maupun pemerintah dapat terus dilakukan untuk mendukung perkembangan sektor kakao. Di sisi lain, pelaku usaha diharapkan dapat dengan jeli melihat peluang pasar dan berinvestasi di Asia, termasuk Indonesia, dalam rangka hilirisasi produk kakao," kata Zulkifli.

Ia pun berharap dukungan CAA dapat membantu peningkatan kapasitas petani kakao Indonesia. Beberapa di antaranya dapat diwujudkan melalui pelatihan, peningkatan kapasitas, dan produktivitas untuk memastikan terpenuhinya bibit unggul, pasokan kakao, serta transfer teknologi untuk meningkatkan keberlanjutan sektor kakao di masa depan.

Baca juga: Mendag komitmen dukung pertumbuhan industri kakao berkelanjutan
Baca juga: Mendag: Anak muda berpotensi dorong penggunaan produk lokal
Baca juga: Mendag:Perguruan tinggi berperan bagi transformasi digital perdagangan

 

Pewarta: Maria Cicilia Galuh Prayudhia
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024