Jakarta (ANTARA) - Penyelenggaraan Forum Bisnis Indonesia dengan negara-negara Amerika Latin dan Karibia (INALAC Business Forum) di Lima, Peru, menunjukkan tekad Pemerintah memperluas potensi pasar ke kontinen tersebut, demikian kata Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI.

Direktur Jenderal Amerika dan Eropa Kemlu RI Umar Hadi, seperti dikutip pernyataan pers Kemlu RI di Jakarta, Kamis, menyatakan, INALAC Business Forum yang digelar pada 11—13 September 2024 tersebut merupakan misi bisnis komprehensif berskala besar pertama RI di kawasan Amerika Latin dan Karibia.

"Penyelenggaran INALAC Business Forum merupakan penegasan keseriusan Pemerintah Indonesia untuk terus mempromosikan kerja sama perdagangan dan investasi, menjalin kedekatan dan memperkuat jejaring bisnis, termasuk menawarkan peluang kolaborasi bisnis yang saling menguntungkan dengan negara-negara di Amerika Latin dan Karibia," kata Umar.

Ia mengatakan, forum bisnis tersebut secara khusus hendak menjawab persoalan jarak antara Indonesia dan kawasan Amerika Selatan yang dianggap menjadi isu utama dalam kerja sama ekonomi keduanya.

INALAC Business Forum 2024 juga menjadi wujud dari komitmen dan langkah inovatif Indonesia dalam memperluas dan mendiversifikasi pasar ekspor bagi produk unggulan nasional.

Sementara itu, Wakil Menteri Perdagangan Luar Negeri dan Pariwisata Peru Teresa Mera Gomez, seperti dikutip pernyataan pers Kemlu RI,  mengatakan INALAC Businesss Forum yang bertajuk "Fostering Growth, Strengthening Society" tersebut adalah wahana yang tepat untuk mempromosikan kerja sama perdagangan dan investasi antara kedua pihak.

"Saya sangat senang Peru dipilih sebagai tempat penyelenggaraan INALAC Business Forum", ucap Gomez.

Setidaknya 46 perusahaan Indonesia, baik BUMN maupun swasta, ikut serta dan dipertemukan dengan wakil dari 65 perusahaan dan mitra potensial dari Peru dan negara-negara Amerika Latin dan Karibia lain melalui forum tersebut.

INALAC Business Forum 2024 turut memfasilitasi pertemuan bisnis, promosi produk unggulan Indonesia dan Amerika Latin dan Karibia, hingga negosiasi dagang antara pengusaha Indonesia dan mitra kawasan.

Baca juga: Forum Bisnis INA-LAC hasilkan kesepakatan bisnis Rp1,2 triliun
Baca juga: Indonesia siap gali kerja sama ekonomi dengan Amerika Latin-Karibia

 

Pewarta: Nabil Ihsan
Editor: Rahmad Nasution
Copyright © ANTARA 2024