Jakarta (ANTARA) - Universitas Padjadjaran menandatangani dokumen perjanjian dengan Universitas Catania, Italia, untuk mendirikan the Center of Excellence for the Acceleration of Harm Reduction (CoEHAR) di Indonesia, untuk meneliti mengenai bahaya rokok.    

"ini merupakan komitmen formal oleh kedua belah pihak untuk berkolaborasi dalam pendirian dan peluncuran CoEHAR di Indonesia, yang menjadi sebagai pusat regional untuk penelitian, kolaborasi, dan pendidikan tentang pengurangan bahaya merokok di kawasan Asia Pasifik," kata Pendiri CoEHAR Prof. Riccardo Polosa, dalam keterangan pers di Jakarta, Kamis.  

Kegiatan CoEHAR Indonesia nantinya akan dipimpin oleh Dr Ronny Lesmana, dr, MKes, AIFO, PhD. dari Fakultas Kedokteran Unpad, dan Prof Amaliya, drg, MSc., PhD, dari Fakultas Kedokteran Gigi Unpad.   

Mereka masing-masing telah menjadi mitra utama dalam proyek penelitian REPLIC study dan SMILE study, yang merupakan pilar dari upaya penelitian internasional CoEHAR.

Riccardo Polosa mengatakan pendirian CoEHAR Padjadjaran akan menjadi pusat unggulan untuk mengatasi tantangan lokal melalui penelitian, pengembangan kapasitas, dan promosi kebijakan yang relevan di tingkat lokal.

Pusat regional ini juga akan bertindak sebagai pusat kolaborasi antara peneliti, profesional kesehatan masyarakat, dan pembuat kebijakan di kawasan Asia-Pasifik, yang akan meningkatkan upaya dan solusi global dalam pengurangan bahaya merokok.

"Penelitian yang dilakukan oleh tim CoEHAR di Universitas Catania mengubah dunia, berkontribusi pada revolusi kebijakan yang bertujuan melindungi kesehatan masyarakat di banyak negara. Mendukung upaya CoEHAR di Indonesia merupakan suatu kebanggaan yang besar bagi kami, serta merupakan janji komitmen lebih lanjut untuk membantu negara-negara yang menghadapi kebiasaan dan gaya hidup tidak sehat seperti merokok," kata Riccardo Polosa.

Riccardo Polosa menyampaikan hubungan kedua universitas untuk mempromosikan penelitian, mobilitas, dan pelatihan bersama dalam pengurangan bahaya merokok, kini diperkuat dengan dokumen perjanjian pendirian CoEHAR Indonesia.

Sementara Dr Ronny Lesmana selaku pimpinan CoEHAR Indonesia mengatakan pencapaian ini sebagai titik balik yang berdampak secara ilmiah dan ekonomi.

"Melalui upaya bersama kita di bidang akademis dan penelitian, kita dapat memberikan kontribusi yang signifikan untuk mengatasi berbagai masalah di Indonesia, khususnya di Jawa Barat, Asia Timur, kawasan Asia-Pasifik, dan secara global, dengan berfokus pada pengurangan bahaya merokok dan peningkatan gaya hidup dan kesehatan jutaan orang," kata Ronny Lesmana.

Acara penandatanganan berlangsung pada Dies Natalis Unpad ke-63, yang dihadiri oleh pimpinan Rektorat Unpad, Pendiri CoEHAR Prof. Riccardo Polosa, Direktur Universitas Catania Prof. Giovanni Li Volti, perwakilan dari pemerintah Italia, yakni Atase Pendidikan dan Kebudayaan Kedutaan Besar Italia di Indonesia Roberto Carniel.

Baca juga: Mahasiswa FKG-FMIPA Unpad raih medali emas WICO di Korsel
Baca juga: Dosen Unpad ciptakan alat holter monitor jantung yang canggih-ekonomis
Baca juga: Peneliti Unpad ciptakan inovasi pakaian tahan api dari serat rami

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2024