Ini upaya mendukung komitmen pemerintah untuk mencapai target net zero emission pada 2060
Surabaya (ANTARA) - PLN Nusantara Power (PLN NP) mengoptimalkan pengelolaan pembangkit Energi Baru Terbarukan (EBT) di seluruh Indonesia dengan memperkuat fasilitas dan infrastruktur Nusantara Control Center (NuCC).

“Ini upaya mendukung komitmen pemerintah untuk mencapai target net zero emission pada 2060,” kata Direktur Utama PLN Nusantara Power Ruly Firmansyah di Surabaya, Jawa Timur, Kamis.

NuCC sendiri merupakan bagian integral dari Nusantara InnoVision Center (NIC) yang berfungsi sebagai pusat pemantauan dan pengendalian operasional pembangkit listrik berbasis EBT secara real time.

Dengan teknologi industri 4.0 dan integrasi kecerdasan buatan (AI), NuCC mampu meningkatkan efisiensi operasional serta produktivitas sumber daya manusia dalam mengelola pembangkit listrik di seluruh Nusantara.

Sementara NIC merupakan pusat visualisasi informasi korporat terintegrasi berbasis inovasi untuk memenuhi kebutuhan stakeholder dan mendukung pengambilan keputusan.

Ruly menjelaskan penguatan fasilitas ini sangat penting sebagai upaya mendukung transformasi energi di Indonesia termasuk memperkuat pengelolaan pembangkit EBT yang lebih andal dan efisien.

Penguatan pada NuCC tidak hanya fokus pada peningkatan fasilitas fisik namun juga pada pengembangan infrastruktur digital termasuk roadmap operasional yang lebih modern.

Manajemen PLN NP sempat melakukan demonstrasi operasional NuCC untuk menunjukkan kapabilitasnya dalam pengelolaan pembangkit EBT.

Demo yang ditampilkan di antaranya meliputi demo simulator PLTN, demo sistem NuCC, demo pemantauan kinerja dan kesiapan pembangkit, serta demo operasional NuCC dan komunikasi.

Demo simulator PLTN menunjukkan kesiapan PLN Nusantara power dalam menjawab net zero emission untuk mengelola dan mengoperasikan PLTN dengan metode experiental learning.

Demo sistem NuCC dan progress unit terkoneksi menunjukkan kemampuan digital implementation PLN NP dalam pengelolaan remotisasi unit berbasis optimasi sehingga dapat dioptimalkan untuk pengoperasian pembangkit IPP dan resources optimization pendukung beyond kWh.

Melalui Demo Dashboard Kinerja ditunjukkan monitoring kinerja operasi PLNNP yang sudah terintegrasi realtime dengan implementasi digital antara operasional dan kinerja sehingga mendukung electricity sustainability of supply dan system security.

Sedangkan dalam demo operasional NuCC dan komunikasi ditunjukkan proof of concept remotisasi dan optimasi di PLNNP guna memberikan bukti kesiapan operasional NuCC untuk dioperasikan dan ditingkatkan pada skala yang lebih besar lagi.

Baca juga: PLN EPI gandeng Pupuk Indonesia dalam pengembangan hidrogen hijau
Baca juga: Indonesia-Jerman perkuat kerja sama pengembangan energi terbarukan
Baca juga: Kementerian ESDM: Sewa jaringan listrik bukan untuk liberalisasi

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2024