Kabupaten Bekasi (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat kembali mendistribusikan bantuan air bersih kepada warga terdampak kekeringan di delapan wilayah kecamatan.
 
"Distribusi terus kita lanjutkan bersama pendamping perangkat daerah dan instansi terkait maupun swasta untuk membantu warga terdampak kekeringan," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bekasi Muchlis di Cikarang, Kamis.
 
Dia mengatakan secara total bantuan air bersih yang telah didistribusikan mencapai 1.381.300 liter kepada masyarakat terdampak kekeringan yang tersebar di 39 desa di 12 kecamatan sejak pemberlakuan masa tanggap darurat bencana kekeringan.

Bantuan terkini yang diberikan sebanyak 188.000 liter ditambah 100 galon air mineral serta tiga toren air berkapasitas 2.000 liter yang dikirimkan ke delapan wilayah kecamatan.

Pihaknya mendistribusikan 10.000 liter air bersih untuk warga Desa Pantai Mekar dan Jayasakti di Kecamatan Muaragembong. Sebanyak 10.000 liter juga disalurkan kepada masyarakat Desa Karangbahagia, Kecamatan Karangbahagia.
 
Bantuan air bersih juga dikirimkan BPBD untuk warga Desa Kedungjaya dan Kelurahan Kebalen di Kecamatan Babelan sebanyak 10.000 liter. Bantuan 10.000 liter juga disalurkan kepada warga Desa Sukadaya dan Sukakerta di Kecamatan Sukawangi.
 
"Di Kecamatan Sukawangi, PT Cikarang Listrindo juga menyalurkan bantuan 32.000 liter air bersih untuk warga Desa Sukatenang, Sukakerta, dan Sukabudi," katanya.
 
Di hari bersamaan, bantuan juga datang dari PT Hyundai Inti Development berupa tiga unit tempat penampungan air atau toren berukuran 2.000 liter untuk Kantor Kecamatan Cabangbungin.
 
Kemudian di Kecamatan Bojongmangu bantuan air bersih diberikan dari Mitra Badan Kesbangpol Kabupaten Bekasi sebanyak 80.000 liter untuk warga Desa Karangindah, Karangmulya, dan Medalkrisna, ditambah 20.000 liter air bersih dari PMI Kabupaten Bekasi untuk Desa Medalkrisna.
 
Sementara itu Dinas Perhubungan Kabupaten Bekasi juga menyumbangkan 8.000 liter air bersih dan 100 galon air mineral untuk warga Desa Nagacipta di Kecamatan Serang Baru.

"Di Kecamatan Cibarusah, bantuan dikirimkan dari Yayasan BMIS sebanyak 8.000 liter air mineral untuk warga Desa Ridogalih," kata dia.

Baca juga: BPBD: 44.079 warga Cilacap telah terima bantuan air bersih

Baca juga: BPBD Bantul salurkan 1,39 juta liter air bersih ke wilayah kekeringan

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024