Banda Aceh (ANTARA) - Tim sepak takraw Gorontalo berhak atas medali emas nomor kuadran putra Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumut 2024 setelah mengalahkan Jawa Tengah 2-1 (12-15, 15-12, 15-9) di babak final di Gedung Idi Sport Center, Idi, Kabupaten Aceh Timur, Kamis.

Bertanding di lapangan satu Gedung Idi Sport Center, kedua tim bermain ketat. Kejar-mengejar poin berlangsung hingga 12-12, sebelum Jateng akhirnya menutup set pertama dengan kemenangan 15-12.

Kejar-mengejar poin kembali terjadi di set kedua. Gorontalo yang tidak ingin kecolongan, akhirnya mampu memenangkan set tersebut untuk memaksa dipertandingkannya set penentuan.

Di set ketiga, Gorontalo yang bermaterikan pemain Hendra Pago, Abdullah Halim, Wahyu Ramadan, dan Gelvin Usman mampu unggul 11-6 sebelum menutup pertandingan dengan kemenangan 15-9.

Pelatih sepak takraw Gorontalo Herson mengatakan menginstruksikan para pemain agar bermain maksimal serta jangan mudah kehilangan poin di partai final apalagi permainan Gorontalo dan Jawa Tengah berimbang.

"Saya pernah menangani pemain Jawa Tengah, begitu juga dengan pelatih Jawa Tengah, pernah melatih anak-anak Gorontalo, sehingga kami mengetahui kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun, kami mampu bermain lebih maksimal, sehingga mempertahankan prestasi seperti yang kami raih di PON Papua," kata Herson.

Baca juga: Sepak takraw - Aceh pimpin perolehan medali PON XXI

Sementara itu, pelatih sepak takraw Jawa Tengah Tri Aji mengatakan anak asuhnya yang terdiri dari Yuda Aswinatama, Rifqy Puji Santoso, Mandeg Suharto, M Ubaidur Rohman, Victoria Eka Prasetyo, dan Anwar Budiyanto sudah berjuang dan bermain sebaik mungkin. Namun, pemain Gorontalo lebih unggul dan memiliki mental bertanding yang baik.

"Selain itu, penyelesaian akhir para pemain Gorontalo lebih bagus. Mereka juga lebih senior dari anak-anak Jawa Tengah. Waktu di penyisihan grup, kami sempat mengalahkan Gorontalo, tetapi kalah di final. Di sini letak mental juaranya," kata Tri Aji.

Dengan kemenangan tersebut, Gorontalo berhasil menyandingkan medali emas nomor kuadran, setelah sebelumnya tim putri provinsi tersebut juga mengalahkan Jawa Tengah di babak final.

Sementara itu, medali perunggu kuadran putra diraih Kepulauan Riau dan Lampung. Kepulauan Riau kalah dari Gorontalo di semifinal dengan skor 0-2 (10-15, 8-15). Sementara Lampung kalah dari Jawa Tengah 0-2 (8-15,11-15).

Baca juga: Sepak takraw - Kepri raih perunggu, nantikan nomor beregu
Baca juga: Pelajar pedalaman Aceh Timur antusias dukung atlet PON XXI

Pewarta: M.Haris Setiady Agus
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024