Batam (ANTARA) - PT Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP) Telaga Punggur, Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri) menyebutkan rute pelayaran kapal roro Batam-Karimun ditutup sementara mulai 14 September karena adanya perbaikan dermaga dan pemasangan fender atau movible bridge (MB) di pelabuhan Roro Parit Rempak, Karimun, Kepri.

General Manager PT ASDP Batam Hermin Welkis di Batam, Kamis mengatakan berdasarkan surat pemberitahuan 550/DISHUB-PB/IX/2024, disebutkan, pelabuhan yang terletak di Kecamatan Meral itu ditutup, sejak 14 September sampai 28 Desember 2024 mendatang.

“Perbaikan ini diperkirakan memakan waktu hingga tiga bulan ke depan atau hingga 28 Desember 2024. Hal ini dilakukan guna menjaga keselamatan dan kelancaran pengguna jasa,” ujar Hermin.

Ia menyampaikan selama ini untuk permintaan penumpang dan kendaraan selalu ada tujuan Karimun, terutama untuk kendaraan muatan logistik.

Dengan begitu, ASDP Batam menginformasikan kepada pengguna jasa untuk menggunakan alternatif transportasi laut lainnya selama proses pengerjaan perbaikan dermaga tersebut.

“Permintaan penumpang selalu ada ke sana (Karimun), namun karena kondisinya masih perbaikan kami informasikan untuk menggunakan transportasi lainnya,” kata dia.

Sebelumnya, PT Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP) Telaga Punggur, Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri) menerapkan pembelian tiket secara daring dalam upaya mencegah praktik percaloan tiket.

General Manager PT ASDP Batam Hermin Welkis di Batam, Jumat mengatakan menerapkan pembelian tiket kapal Roro itu dapat diakses melalui website dan aplikasi trip.ferizy.com.

Ia menyampaikan hingga saat ini pihaknya gencar melakukan sosialisasi ke masyarakat secara bertahap, termasuk di pelabuhan ASDP Batam dan penerapan tersebut aktif dijalankan pada 21 Agustus 2024.

Baca juga: ASDP Batam menambah kapal tujuan Tanjunguban Bintan
Baca juga: Bakamla geledah tiga kapal tambang pasir ilegal di Perairan Karimun
Baca juga: Dishub Kepri: Jadwal kapal Bintan-Batam ditambah antisipasi kepadatan

 

Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024