IKN (ANTARA) - Presiden Joko Widodo menyerahkan pembahasan dan pembentukan Angkatan Siber selaku matra keempat TNI kepada pemerintahan Presiden Terpilih RI Prabowo Subianto.

"Saya rasa nanti semua negara akan menuju ke sana. Tapi nanti biar pemerintah baru Pak Presiden Prabowo Subianto yang akan menuju ke sana," ujar Jokowi di Istana Kepresidenan, Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur, Kamis.

Menurut Jokowi, keberadaan Angkatan Siber sangat baik. Negara-negara lain juga sudah mulai mengarah kepada pembentukan angkatan siber.

"Ya sangat baik karena negara-negara lain yang saya lihat ini sudah mulai. Saya melihat (sudah) ada empat negara yang sudah mulai membangun angkatan keempatnya, Angkatan Siber-nya," kata Jokowi.

Terpisah, Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Maruli Simanjuntak mengatakan ada kemungkinan Angkatan Siber juga akan melibatkan unsur sipil.

"Kalau nanti (hanya) militer, militer baru belajar, saya pikir sudah terlambat. Jadi, ada orang-orang yang membidangi, nanti kita bisa kasih pangkat tituler saja," kata Maruli.

Baca juga: KSAD sebut pembentukan Angkatan Siber dilanjutkan di era Prabowo
Baca juga: KSAU tak masalah Angkatan Siber diisi sipil untuk tujuan profesional
Baca juga: Anggota DPR: Perlu penyesuaian aturan untuk bentuk Angkatan Siber TNI

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2024