Jakarta (ANTARA) - Bagi Anda yang ingin memulai latihan angkat beban, Anda bisa memulainya di rumah dengan peralatan yang sederhana.

Latihan beban atau yang dikenal juga sebagai latihan kekuatan, dapat membantu membangun otot yang lebih kuat dan ramping, memperkuat tulang dan sendi, serta menjaga metabolisme tetap sehat. Ini artinya, Anda bisa membakar lebih banyak kalori bahkan saat sedang beristirahat.

Untuk latihan beban di rumah Anda bisa memulainya tanpa menggunakan peralatan apapun. Untuk membangun otot dan mengencangkan tubuh, Anda bisa melakukan beberapa latihan seperti push-up atau lunges, Anda hanya perlu menggunakan berat badan Anda sebagai resistensi.

Namun jika Anda ingin memperluas variasi latihan di rumah, Anda bisa menggunakan peralatan tambahan. Beberapa alat tambahan untuk latihan beban antara lain seperti:

1. Set Dumbbell

Satu set dumbbell dengan beban yang bisa disesuaikan sangat cocok untuk pemula, memungkinkan Anda menambah atau mengurangi beban sesuai kebutuhan latihan.

2. Kettlebell

Kettlebell adalah alat yang merupakan bola berisi beban dengan pegangan, juga menjadi pilihan populer. Banyak latihan kettlebell yang melibatkan beberapa kelompok otot sekaligus, sehingga efektif untuk latihan seluruh tubuh, terutama jika Anda tidak punya banyak waktu.

3. Resistance bands

Resistance bands juga bisa menjadi tambahan yang berguna untuk peralatan olahraga Anda. Pita elastis berwarna ini memberikan tingkat resistensi yang berbeda saat ditarik dan diregangkan.

Ketika melakukan latihan beban di rumah dan tujuan Anda terutama untuk membangun kekuatan, maka Anda harus mencoba untuk konsisten dengan menentukan jadwal latihan. Tiga kali latihan beban dalam seminggu mungkin akan memberikan hasil yang Anda butuhkan.

Pada setiap sesi latihan pastikan untuk memulai latihan beban dengan pemanasan seperti joging ringan selama 5 menit atau jalan cepat untuk meningkatkan aliran darah ke otot dan mempersiapkan tubuh untuk latihan. Lompat tali atau melakukan jumping jack selama beberapa menit juga bisa menjadi pilihan pemanasan yang baik.

Setelah melakukan pemanasan Anda bisa mulai dengan melakukan 10 hingga 15 repetisi untuk setiap latihan, dan targetkan 1 hingga 2 set pada awalnya. Seiring bertambahnya kekuatan, Anda bisa menambah set tambahan atau meningkatkan beban.

Manfaat latihan beban di rumah

Rutinitas olahraga di rumah bisa menjadi cara yang sangat ideal untuk berolahraga tanpa harus pergi ke gym.

Manfaatnya:
  • Menghemat waktu. Tidak perlu bepergian atau menunggu giliran menggunakan alat olahraga.
  • Biaya rendah. Tidak ada biaya gym atau peralatan mahal yang diperlukan.
  • Bisa berolahraga kapan saja. Anda bisa berolahraga sesuai jadwal Anda, kapan pun, baik siang maupun malam.
  • Privasi. Anda bisa berolahraga tanpa merasa canggung atau diawasi orang lain.
  • Sesuaikan dengan kecepatan sendiri. Tidak ada tekanan untuk mengikuti orang lain atau memaksakan diri melebihi batas kenyamanan.

Pewarta: Allisa Luthfia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024