Diharapkan pameran ini turut meningkatkan kesejahteraan petani kakao dan menjadi platform kolaborasi global dalam mengatasi berbagai tantangan di sektor kakao
Jakarta (ANTARA) - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan berkomitmen untuk bekerja sama dengan pemangku kepentingan guna mendukung pertumbuhan industri sektor kakao berkelanjutan.

Hal ini disampaikan Zulkifli saat membuka pameran kakao internasional Cocoa Village di Singapura pada Kamis. Pameran ini menjadi bagian dari kegiatan Cocoa Association of Asia-International Cocoa Conference Exhibition (CAA-ICCE) 2024 yang diselenggarakan pada 12-13 September 2024 di Raffles City Convention Center, Singapura.

"Diharapkan pameran ini turut meningkatkan kesejahteraan petani kakao dan menjadi platform kolaborasi global dalam mengatasi berbagai tantangan di sektor kakao," ujar Zulkifli melalui keterangan di Jakarta, Kamis.

Zulkifli menyampaikan turunnya produksi kakao global karena hama, penyakit, perubahan cuaca, dan tanaman kakao tua yang tidak produktif lagi menjadi salah satu alasan meningkatnya harga kakao dunia secara drastis.

Selain itu, implementasi European Union Deforestation-free Products Regulation (EUDR) pada akhir 2024 akan menjadi tantangan tersendiri bagi sektor kakao.

"Kiranya kolaborasi seluruh pemangku kepentingan di sektor kakao dapat ditingkatkan untuk mengatasi tantangan-tantangan tersebut," katanya.

Usai membuka pameran, Zulkifli berdiskusi dengan petani kakao Indonesia yang berpartisipasi dalam CAA-ICCE 2024.

Dalam diskusi tersebut, petani berharap agar pemerintah dapat mendukung peningkatan produktivitas dan produksi biji kakao Indonesia untuk mendorong kesejahteraan petani kakao di Indonesia.

Baca juga: Menperin: Perpres pengelolaan kelapa dan kakao percepat hilirisasi
Baca juga: Menkop UKM: Kakao jadi sumber ekonomi baru
Baca juga: Mendag: Kakao dan kelapa akan dikelola oleh BPDPKS

Pewarta: Maria Cicilia Galuh Prayudhia
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2024