Kelompok tersebut telah berhasil memproduksi lima jenis produk olahan ikan, dengan produk unggulan yaitu Minyak Albumin.
Jayapura (ANTARA) -
PT Pertamina Patra Niaga Regional Maluku Papua memberikan bantuan kepada kelompok pemberdayaan rumah albumin yang dikelola oleh 11 orang wanita, di Gudang Arang, Kelurahan Kamahedoga, Kabupaten Merauke, Papua Selatan.
 
Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Papua Maluku Edi Mangun, di Jayapura, Papua, Kamis, mengatakan pemberian bantuan tersebut melalui Program Corporate Social Responsibility (CSR).
 
"Bantuan yang diberikan telah berjalan sejak 2019 di mana para kelompok tersebut telah berhasil memproduksi lima jenis produk olahan ikan, dengan produk unggulan yaitu Minyak Albumin," katanya.
 
Menurut Edi, dengan adanya program tersebut menjadi semangat bagi para kelompok tersebut untuk menghasilkan produk-produk lainnya.
 
“Kami dari Pertamina akan terus mencoba membantu untuk meningkatkan produksi para pelaku usaha apalagi ini merupakan potensi lokal yang perlu di dorong," ujarnya.
 
Dia menjelaskan dengan bantuan yang di berikan ini dapat memberikan dampak positif terutama dalam meningkatkan kualitas hidup yang lebih baik.
 
"Bantuan yang diberikan yakni fokus pada bantuan pengadaan alat-alat produksi yang dapat meningkatkan produktivitas kelompok, serta pengembangan kapasitas pengelolaan sumber daya manusia, sehingga mempercepat usaha kelompok yang mandiri dan sejahtera," katanya.
 
Sementara itu Ketua Kelompok pemberdayaan rumah albumin yakni Harapan Papua Baru, Rusdiati mengatakan pihaknya memberikan apresiasi dan terima kasih atas bantuan serta dukungan dari pihak Pertamina.
 
“Terima kasih Pertamina, bantuan tahun ini memang sangat dibutuhkan oleh kelompok karena pekerjaan jadi lebih mudah," katanya lagi.
Baca juga: Pertamina salurkan bantuan pendidikan kepada SD YPK Bethel di Sorong
Baca juga: Pertamina dorong pendaftaran subsidi tepat pertalite di Papua Maluku

Pewarta: Qadri Pratiwi
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024