Jakarta (ANTARA/JACX) – Sebuah unggahan video tangkapan layar berita menarasikan Brigadir Putri Cikita yang dijuluki “Duta Sopan” oleh netizen resmi dikeluarkan dari kepolisian.

Polisi wanita tersebut viral karena memarahi warga yang sedang makan tersebut. Tak hanya itu, Putri Cikita menuding warga yang sedang makan itu tidak sopan.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:

“Viral Polwan Brigadir Putri Cikita resmi di pecat / dikeluarkan secara tidak hormat”

Namun, benarkah Polwan yang dijuluki “Duta Sopan” oleh netizen resmi dikeluarkan dari kepolisian?

 

Unggahan yang menarasikan Polwan yang dijuluki “Duta Sopan” oleh netizen resmi dikeluarkan dari kepolisian. Faktanya, judul yang terdapat dalam unggahan tersebut merupakan editan. (TikTok)
Penjelasan:

Berdasarkan penelusuran, tidak ditemukan judul berita sesuai dengan judul yang terdapat ditangkapan layar unggahan tersebut.

Selain itu, tidak ada informasi resmi mengenai Polwan tersebut dikeluarkan. Namun, pihak kepolisian memberikan penjelasan terkait video viral tersebut.

Dilansir dari akun X resmi Humas Polri, video tersebut merupakan cuplikan atau potongan dari video lengkap acara The Police yang rilis pada tanggal 22 Agustus 2024 pukul 22.45 WIB. 

Kejadian sebelumnya bahwa anggota Polri melakukan teguran kepada lima orang masyarakat yang sedang minum minuman keras di lokasi tersebut, namun terdapat satu orang yang tidak mengindahkan teguran dan malah menaikkan kaki ke kursi serta membuang puntung rokok ke arah petugas. Sehingga, polisi memberikan teguran lisan kepada orang tersebut.

Cek fakta: Hoaks! Kapolri tetapkan empat polisi jadi tersangka kasus Vina Cirebon

Cek fakta: Polisi yang buktikan adanya upaya penyuapan saat penilangan akan diberi hadiah, benarkah?

Baca juga: Polrestabes Surabaya klarifikasi video polwan tegur pria sedang makan

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2024