Jakarta (ANTARA) - Penjualan merek lokal dan usaha mikro kecil menengah (UMKM) tercatat naik hingga lima kali lipat pada momen Shopee 9.9 Super Shopping Day melalui fitur live streaming.

Senior Director of Marketing Growth Shopee Indonesia, Monica Vionna mengatakan bahwa periode kampanye "tanggal kembar" belanja online sudah sangat familiar bagi banyak pengguna e-commerce di Indonesia.

"Kampanye yang berlangsung hingga 9 September lalu untuk mendongkrak pertumbuhan bisnis UMKM. Ini terbukti membantu peningkatan penjualan para brand lokal hingga lima kali lipat pada hari puncak kampanye," kata Monica dalam siaran pers di Jakarta, Kamis.

Ia mengatakan, dampak pertumbuhan bisnis yang signifikan ini dirasakan oleh penjual di berbagai kota di Indonesia seperti Jember, Bandar Lampung, dan Lombok yang turut mengalami lonjakan pesanan pada hari puncak kampanye.

Baca juga: Penjualan meningkat 30x lewat Shopee Live di 9.9 Super Shopping Day

Baca juga: Ruben Onsu, Sarwendah sampai Aurel warnai kampanye 9.9 di Shopee Live


Menurut dia, semua inisiatif yang Shopee lakukan selalu didasari oleh komitmen untuk memberikan lebih banyak peluang dan kemudahan berbelanja bagi seluruh ekosistem, termasuk merk lokal dan UMKM.

Oleh karena itu, pihaknya sangat senang dan bangga karena kampanye 9.9 Super Shopping Day kembali disambut dengan meriah oleh masyarakat.

Lebih lanjut Monica menyampaikan, kampanye 9.9 memberikan wadah bagi penjual, pembeli, dan pencipta konten untuk bertumbuh.

Penjual menyambut momen ini dengan antusias dengan memberikan layanan terbaik, sementara pencipta konten berlomba untuk menghadirkan konten terbaik yang juga membantu meningkatkan penjualan, dan konsumen yang ingin memenuhi berbagai kebutuhan dengan beragam penawaran spesial.

Untuk membantu ekosistem bertumbuh, Shopee terus mengembangkan pengalaman live shopping melalui fitur Shopee Live, yang memungkinkan penjual lebih mudah terhubung dengan pembeli dengan menciptakan interaksi real time yang lebih menarik, personal, dan efektif.

Selain itu, kehadiran fitur video pendek Shopee Video juga menjadi ruang kreasi bagi UMKM, merek lokal, dan konten kreator dalam memasarkan produk dan menyajikan informasi menarik yang dikemas dengan penuh kreativitas.

Fitur ini memudahkan pengguna dalam menemukan rekomendasi produk lokal berkualitas sambil menikmati konten visual yang menghibur, informatif, dan relevan dengan kebutuhan mereka.

Antusiasme dalam menggunakan Shopee Video sebagai kanal promosi yang efektif terlihat dari jumlah produk lokal yang terjual di Shopee Video mengalami peningkatan lebih dari 13 kali lipat selama puncak kampanye.

Ia berharap kampanye 9.9 telah menjadi destinasi untuk memenuhi kebutuhan melalui ragam promo dan produk yang variatif, serta menjadi kesempatan untuk mendorong pertumbuhan bisnis dan berkontribusi positif pada perkembangan ekonomi digital Indonesia.

“Kami sangat berterima kasih dan berharap 9.9 Super Shopping Day bukan hanya menjadi kampanye yang memulai festival belanja akhir tahun, namun juga memberikan dampak positif dengan membuka peluang bagi seluruh ekosistem untuk senantiasa bertumbuh, berkreasi, dan berdaya," pungkasnya.

Baca juga: Pengguna & UMKM nikmati manfaat digital Shopee 9.9 Super Shopping Day

Baca juga: STAYC sapa penggemar di Indonesia lewat Shopee 9.9

Baca juga: Shopee sambut festival belanja akhir tahun lewat kampanye 9.9

 

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024