Deli Serdang (ANTARA) - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Pengurus Besar Taekwondo Indonesia (PBTI) Brigjen TNI Robert Ndona menekankan pertandingan taekwondo yang sportif pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh-Sumatera Utara.

"Mari sama-sama kita mulai pertandingan taekwondo Pekan Olahraga Nasional XXI tahun 2024 dengan sportivitas yang tinggi dan semangat," kata Robert saat membuka pertandingan taekwondo PON XXI di Deli Serdang, Sumatera Utara, Kamis.

Robert mengajak seluruh atlet dan pelatih untuk menampilkan pertandingan dengan semangat sportivitas yang tinggi. Pertandingan berlangsung mulai 12-15 di gedung Martial Arts Arena, Kompleks Sumut Sport Center, Deli Serdang, Sumut

Ia menggarisbawahi bahwa sportivitas tidak hanya penting untuk menjaga integritas olahraga, tetapi juga sebagai cerminan sikap dan karakter atlet dalam kompetisi.

"Pertandingan kita mulai, selamat bertanding, bersatu, berprestasi," ucap Robert dalam sambutannya.

Sebelumnya, Ketua Panitia Pelaksana Cabang Olahraga Taekwondo Muhammad Rifai memastikan pertandingan taekwondo pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 di Aceh-Sumatera Utara, menjunjung tinggi sportivitas.

"Dan ini memang kita harapkan seluruh kontingen menampilkan sportivitas tinggi, menampilkan kemartabatan dan juga sportivitas yang baik dalam olahraga," kata Rifai.

Rifai menekankan pentingnya sportivitas tinggi dan kemartabatan dalam pertandingan cabang olahraga yang berlangsung di gedung Martial Arts Arena, Kompleks Sumut Sport Center, Deli Serdang, Sumut pada 12-15 September 2024.

Dia mengungkapkan bahwa pada PON XXI/2024, terdapat 34 provinsi yang berpartisipasi dalam cabang olahraga taekwondo.

Rifai juga menyebutkan jumlah atlet yang akan berkompetisi, yaitu sekitar 287 orang. Kompetisi ini akan melibatkan dua kategori yakni kategori poomsae enam kelas dan kyorugi 16 kelas.

"Yang dipertandingkan dua kategori dari kyorugi ada 16 kelas ditambah dengan poomsae ada 6 kelas. Jadi totalnya 22 kelas dari pertandingan," ucap Rifai.

Menurutnya, pertandingan tersebut akan sangat seru karena melibatkan provinsi-provinsi dengan atlet yang benar-benar kuat.

"Kami dari panitia pelaksana cabang olahraga taekwondo Sumatera Utara sudah mempersiapkan jauh- jauh hari dalam pelaksanaan semaksimal mungkin dengan berbagai sistem yang sangat membantu sekali," kata Rifai.

Baca juga: Tribun Martial Arts Arena dipadati penonton taekwondo

Baca juga: Panitia pastikan sportivitas tinggi pertandingan taekwondo PON XXI

Baca juga: Taekwondo PON 2024 hadirkan dua wasit internasional


Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024