Banda Aceh (ANTARA) - Atlet Provinsi Bali I Made Arya Suryantara berhasil unggul dalam fase penyisihan perlombaan selam kolam nomor 200 meter bifins putra pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara 2024 di Kolam Tirta Raya, Banda Aceh, Kamis.

Sementara itu wakil Jawa Barat Raqi'El Az-Zahra keluar sebagai pemuncak klasemen sektor putri dalam babak penyisihan nomor tersebut, mengungguli tujuh peserta dari beberapa provinsi lain.

Di sektor putra, I Made Arya mengakhiri fase kualifikasi dengan catatan waktu tercepat 1 menit 44,26 detik saat tampil di heat kedua. Atas hasil ini, wakil Pulau Dewata yang berada di posisi puncak dari delapan peserta nomor lomba ini dinyatakan berhak mendapatkan tiket final.

Di bawahnya, disusul Gil Ricscalmen Ronggrean asal Papua pada posisi kedua dengan catatan 1 menit 44,26 detik pada heat pertama. Kemudian Ignatius Ogswyn asal Nusa Tenggara Barat 1 menit 44,43 detik, Muhammad Iqbal asal Aceh dengan catatan 1 menit 45,33 detik.

Selanjutnya, disusul Farand Gavrila Simon asal Kalimantan Timur catatan waktu 1 menit 45,99 detik, Insanul Kamil Andika Putra asal Banten 1 menit 46,37 detik, Steven Stanley Adrianno asal Jawa Tengah 1 menit 46,95 detik dan Akuinas Miki Wowor asal Sulawesi Utara dengan catatan waktu 1 menit 47,37 detik.
Atlet Provinsi Jawa Barat Raqi'El Az-Zahra mengikuti laga babak penyisihan selam kolam nomor 200 meter surface putri pada ajang PON XXI Aceh-Sumut di Kolam Tirta Raya, Banda Aceh, Kamis (12/9/2024). (ANTARA/Khalis Surry)


Sedangkan untuk sektor putri nomor lomba ini, Raqi'El Az-Zahra menjadi peserta dengan catatan waktu tercepat yakni 1 menit 54,82 detik yang tampil cukup baik pada heat kedua.

Disusul posisi kedua Maysaretta Aura Van Gobel asal Banten dengan catatan waktu 1 menit 55,37 detik yang tampil baik pada laga heat kedua, diikuti Syabilla Rizkia Raharja asal Jawa Tengah posisi ketiga dengan catatan waktu 1 menit 55,57 detik.

Selanjutnya, Nasya Wijaya asal DKI Jakarta 1 menit 55,97 detik, selanjutnya Nafa Amadea asal Jawa Timur 1 menit 56,59 detik, Jasmine Alexandra Stalker asal Papua 1 menit 56,72 detik, Della Sofiatus Saada asal Aceh 1 menit 58,36 detik dan Ni Nyoman Bintang W Ningsing asal Bali 1 menit 58,60 detik.

Delapan penyelam putra dan putri dengan perolehan waktu terbaik pada babak kualifikasi ini dinyatakan berhak melaju ke partai final yang bakal berlangsung pada Kamis (12/9) sore di Kolam Tirta Raya, Banda Aceh.

Dalam laga final nanti tidak hanya mempertandingkan nomor 200m bifins, tetapi juga nomor putra dan putri selam kolam 50m surface, 50m bifins, 200m surface.

“Babak penyisihan kita laksanakan dikarenakan peserta yang ikut pada nomor tersebut lebih dari delapan orang, sehingga nanti sore hari dilaksanakan babak final,” kata Technical Delegate selam kolam PON XXI Aceh-Sumut Rekha Ratri Julianti.

Baca juga: Aceh catat sejarah baru raih emas selam nomor 400 m surface
Baca juga: Jatim awali selam kolam dengan borong tiga emas dan pecah dua rekor

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024