Jakarta (ANTARA) - Hal terbaik yang bisa dilakukan pada pagi hari adalah merawat diri, pikiran dan tubuh dengan mandi air dingin di pagi hari bisa sangat membantu tubuh merasa segar kembali.

Dikutip dari The Hindustan Times, Kamis, sebelum berangkat kerja atau sekolah, banyak orang memilih mandi di pagi hari. Namun, harus dipastikan untuk mandi dengan air dingin demi manfaat luar biasa ini.

- Meningkatkan kekebalan tubuh:
Saat beralih mendadak dari mandi air panas ke air dingin di pagi hari, ini membantu merangsang sel darah yang dapat melawan infeksi. Ini juga membantu meningkatkan kekebalan tubuh secara keseluruhan.

Baca juga: Manfaat terapi mandi air dingin pada pikiran dan tubuh

- Mengatasi depresi:
Terapi air dingin memiliki manfaat kesehatan untuk kesehatan mental dan emosional. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang mandi dengan air dingin setiap pagi menunjukkan penurunan tanda-tanda depresi. Ini juga dapat membantu meningkatkan suasana hati dan mengatasi tanda-tanda kecemasan.

- Meningkatkan sirkulasi darah:
Air dingin membuat tubuh masuk ke mode bertahan untuk mempertahankan suhu inti. Ini dapat merangsang tubuh untuk meningkatkan aliran darah. Lebih lanjut meningkatkan sirkulasi oksigen dan juga membantu pemulihan otot setelah berolahraga.

- Meningkatkan metabolisme:
Ketika mandi dengan air dingin, tubuh menghabiskan energi untuk mempertahankan suhu inti. Ini mengarah pada pembakaran kalori minor. Ini dapat meningkatkan metabolisme tubuh.

- Mengurangi peradangan:
Suhu dingin mendadak akibat mandi air dingin dapat membuat pembuluh darah menyempit, dengan darah mengalir ke organ vital tubuh. Saat tubuh kembali ke suhu normal, pembuluh darah mengembang dan membawa darah beroksigen ke jaringan. Ini dapat membantu mengurangi peradangan, biasanya disebabkan oleh nyeri otot.

Baca juga: Manfaat mandi air hangat bagi kesehatan

Baca juga: Sebaiknya mandi air dingin atau hangat usai berolahraga?

Penerjemah: Putri Hanifa
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024