Timika (ANTARA) - Papua Atletik Center di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah menjadi wadah untuk membina para atlet atletik dari seluruh Tanah Papua untuk berprestasi.

Manajer dan Pelatih PAC Mimika Muchtar di Timika, Rabu, mengatakan bahwa pihaknya selama tiga tahun terakhir ini telah melatih talenta olahragawan yang datang dari berbagai kabupaten di Tanah Papua.

"Sebelumnya semua atlet atletik dari seluruh kabupaten di Papua menjalani latihan terpusat di PAC Mimika, setelah adanya pemekaran Daerah Otonomi Baru (DOB) maka masing-masing kembali untuk membela provinsinya,” katanya.

Menurut Mucthar, ada delapan atlet PAC yang mewakili provinsi masing-masing, ada tiga atlet mewakili Provinsi Papua yakni Krisdianto Makringo dari Biak, berlaga di lari 400 meter putra, Margina Asyerem dari Biak lari 400 meter putri, Vinsensia Awutet Amjaram dari Merauke pada lompat jauh putri.

“Sedangkan dua atlet yang mewakili Papua Tengah yakni Feleria Kaumapekiyau dari Mimika bertanding di nomor lempar lembing putri, Elizabeth Putri Baminggen dari Nabire berlaga di nomor tolak peluru dan lontar martil putri,” ujarnya.

Dia menjelaskan perwakilan Papua Selatan yakni Silfanus Ndiken dan Eventius Gebze dari Merauke, keduanya berlaga pada nomor lempar lembing putra dan Erika Elisabet Krar dari Sorong mewakili Papua Barat Daya pada nomor lempar lembing putri.

“Dengan persiapan matang serta dukungan penuh masyarakat Papua, diharapkan para atlet dapat memberikan penampilan terbaik mereka dan membawa medali untuk provinsi masing-masing,” katanya lagi.

Dia menambahkan PAC merupakan pusat pelatihan yang dikelola oelh PB PASI dengan dukungan PT Freeport Indonesia, dengan tujuan mengidentifikasi dan mengembangkan bakat atlet muda Papua.

“Program pelatihan intensif dan dedikasi para atlit PAC diharapkan dapat terus berlanjut sehingga mampu menghasilkan lebih banyak atlet berprestasi,” ujarnya lagi.


Baca juga: PASI gandeng YCPM jamin kesehatan atlet pelatnas desentralisasi Mimika
 

Pewarta: Agustina Estevani Janggo
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2024