Banda Aceh (ANTARA) - Lokasi pertandingan cabang olahraga arung jeram Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara 2024 di wilayah Aceh Tenggara cukup menarik karena diselimuti keindahan alam yang masih sangat asri.

"Selain sangat layak dijadikan arena arung jeram, sungai Alas dan sungai Mamas juga menarik sebagai destinasi wisata para atlet dan seluruh penonton tentunya,” kata Pj Gubernur Aceh, Safrizal ZA, di Aceh Tenggara, Rabu, saat membuka secara resmi pertandingan arung jeram PON XXI Aceh-Sumut 2024.

Lokasi pertandingan arung jeram tersebut terletak di sungai Alas dan Mamas Kabupaten Aceh Tenggara. Sungai tersebut dikelilingi keindahan alam yang sangat asri karena berada di kawasan hutan lindung, dan berada dalam kawasan gunung Leuser.

Selain itu, sungai yang menjadi arena arung jeram tersebut juga sudah lama dikenal sebagai lokasi yang sangat menantang dalam beberapa kejuaraan nasional maupun Internasional yang telah diselenggarakan di sana.

“Pertandingan arung jeram ini kita laksanakan di Sungai Mamas dan Sungai Alas di Ketambe yang keduanya berada di kawasan Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL)," ujar Safrizal.

Sementara itu, Pj Bupati Aceh Tenggara, Syakir sekaligus Ketua Panitia Arung Jeram PON XXI mengapresiasi kehadiran Pj Gubernur di bumi Alas untuk membuka secara resmi pertandingan tersebut.

"Ini merupakan suatu rahmat dan kebanggaan bagi kami pemerintah dan masyarakat Aceh Tenggara karena kami menjadi bagian dari sejarah sebagai salah satu tuan rumah PON XXI,” demikian Syakir.

Baca juga: Arung jeram - Jawa Barat pimpin "seeding" nomor down river R6 dan R4
Baca juga: Menpora: Sungai Alas berpotensi jadi pusat arung jeram nasional


Jadwal dan Lokasi Pertandingan Arung Jeram PON XXI 2024

Kamis (12/9): Lomba Downriver R6 di Sungai Alas, Ketambe, pukul 09.00 WIB.

Jumat (13/9): Lomba Downriver R4 dan Medal Ceremony di Sungai Alas, Ketambe, pukul 09.00 WIB.

Sabtu (14/9): Lomba Head to Head R4 di Sungai Alas, Ketambe, pukul 08.30 WIB.

Minggu (15/9): Lomba Head to Head R6 dan Medal Ceremony di Sungai Alas, Ketambe, pukul 08.30 WIB.

Senin (16/9): Official Training di Sungai Mamas, Darul Hasanah, pukul 08.30 WIB.

Selasa (17/9): Lomba Sprint R4 dan R6 serta Medal Ceremony di Sungai Mamas, Darul Hasanah, pukul 08.30 WIB.

Rabu (18/9): Lomba Slalom R4 di Sungai Mamas, Darul Hasanah, pukul 08.30 WIB.

Kamis (19/9): Lomba Slalom R6 dan Penutupan di Sungai Mamas, Darul Hasanah, pukul 08.30 WIB.

Pewarta: Rahmat Fajri
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2024