Ya setelah dilakukan pemeriksaan ternyata bocah yang diduga berkelamin ganda tersebut mengalami hipospadia atau kelainan langka dimana suatu kondisi ketika lubang kencing penis ada pada bagian bawah dan bukannya di ujung
Palembang (ANTARA) -
Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bari Kota Palembang, Sumatera Selatan menyebutkan bahwa bocah yang diduga memiliki kelamin ganda di Palembang mengalami hipospadia.
 
"Ya setelah dilakukan pemeriksaan ternyata bocah yang diduga berkelamin ganda tersebut mengalami hipospadia atau kelainan langka dimana suatu kondisi ketika lubang kencing penis ada pada bagian bawah dan bukannya di ujung," kata Humas RSUD Bari Palembang Ruly Apriyadi di Palembang, Kamis.
 
Saat ini bocah usia 10 bulan tersebut berdasarkan atensi dari Pj Wali Kota Palembang sudah ditangani oleh pihak RSUD Bari Palembang.
 
Ia menyebutkan bahwa kondisi sang anak itu dalam keadaan sehat dan alat vitalnya bersih. Saat ini masih dilakukan perawatan oleh dokter bedah.
 
Pihaknya berkoordinasi dengan Dinas Sosial Kota Palembang untuk mengurus semua administrasi pengobatan agar bisa dilakukan secara gratis melalui Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan akan menangani secara maksimal.

Baca juga: Pemkot Palembang beri penanganan bocah berkelamin ganda

"Tanda-tanda vitalnya bagus tidak demam dan juga tidak infeksi atau bersih. Tapi anak ini perlu penanganan dari dokter spesialis bedah plastik atau spesialis bedah anak dan akan disimpulkan bagaimana hasilnya," katanya.
 
Ia menambahkan pemeriksaan anak nantinya berdasarkan dokter spesialis anak akan diteruskan apakah di RSMH Palembang atau ditangani oleh dokter spesialis bedah anak.
 
Sementara itu orang tua sang anak Elin, mengatakan ia bersyukur dan berterima kasih kepada Pemkot Palembang yang sudah memberikan layanan untuk penanganan anaknya.
 
Ia menambahkan anaknya saat ini sudah masuk di dalam ruang rawat inap dan dalam kondisi kesehatan yang baik, namun sang anak yang berusia 10 bulan tersebut kadang menangis, karena mengeluh kesakitan ketika hendak kencing. Ia berharap sang anak dapat cepat sembuh setelah nanti dilakukan operasi.

Baca juga: Seorang Bayi Lahir Berkelamin Ganda
Baca juga: Seorang anak di Payakumbuh berkelamin ganda
 
 
 
 

Pewarta: M. Imam Pramana
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024